Dukung Energi Terbarukan, TSM Operasikan Pembangkit Listrik Atap Terbesar

PLTS ini menghasilkan lebih dari 2,1 juta kWh energi bersih per tahun.

oleh Tim Regional diperbarui 07 Des 2023, 20:40 WIB
Diterbitkan 04 Des 2023, 22:59 WIB
PLTS Trans Shopping Mall. (Liputan6.com/ ist)
PLTS Trans Shopping Mall. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya meluncurkan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pertama di Trans Studio Mall Bandung pada 27 November 2023, Trans Shopping Mall Group dan Xurya juga meresmikan PLTS kedua di Trans Studio Mall Cibubur Jawa Barat.

PLTS di Trans Studio Mall Cibubur yang diresmikan pada 4 Desember 2023, memiliki kapasitas yang mampu menghasilkan lebih dari 2,1 juta kWh energi bersih per tahun atau setara dengan mengurangi emisi karbon sebanyak 1,9 juta kilogram per tahun.

"PLTS ini memberikan dampak positif yang setara dengan menanam lebih dari 24.000 pohon," kata Chief Executive Officer Trans Shopping Mall Group, Linda Tampi.

Penerapan PLTS kedua ini melanjutkan tren positif dalam upaya memanfaatkan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Langkah ini menambahkan serangkaian usaha pelestarian lingkungan yang telah dilakukan oleh Trans Shopping Mall Group, seperti penggunaan lampu hemat energi, pendingin ruangan berbasis water cooling, manajemen sampah mandiri, pengelolaan ruang terbuka hijau, dan berbagai upaya lainnya.

"Ini menunjukkan bahwa keberlanjutan lingkungan dan bisnis dapat bersinergi menuju masa depan yang lebih baik bagi kita semua," ujarnya.

Kemitraan strategis antara Trans Shopping Mall Group dan Xurya tidak hanya terbatas pada dua proyek ini. Dalam waktu dekat, PLTS Xurya akan diinstal di beberapa lokasi Trans Shopping Mall Group seperti Makassar, Surabaya, dan lainnya.

Target daya total yang dihasilkan mencapai lebih dari 7,5 juta kWh per tahun atau setara dengan mengurangi emisi karbon lebih dari 6,6 juta kilogram per tahun.

Pemasangan PLTS Atap ini juga menunjukkan komitmen nyata terhadap hubungan strategis antara CT Corpora dan Mitsui & Co., Ltd. di Indonesia. Trans Shopping Mall Group merupakan salah satu pilar bisnis CT Corpora, sementara Xurya adalah afiliasi Mitsui & Co., Ltd.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya