Profil Brigadir Helmi, Personel Polres Magelang Kota yang Gagalkan Percobaan Pembunuhan 

Aksi heriok Brigadir Helmi ternyata tidak asal-asalan dilakukan. Ia telah melatih berbagai gerakan sejak lama. Menariknya lagi, ternyata ia adalah salah satu instruktur Bela diri Polri di Polres Magelang Kota.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 07 Des 2023, 22:10 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 22:10 WIB
Brigadir Helmi
Brigadir Helmi saat menerima penghargaan dari Kapolres Magelang Kota Yolanda Evalyn Sebayang, Kamis (7/12/2023). (Dok.Polres Magelang Kota).

Liputan6.com, Magelang - Viral di media aksi heroik seorang anggota Polres Magelang Kota berhasil menggagalkan percobaan pembunuhan di salah satu rumah sakit di Magelang. Dalam video singkat yang diunggah di Instagram @info.magelang_raya itu, seseorang mengenakan pakaian putih terlihat sedang menganiaya seseorang di salah satu kamar rumah sakit.

Diketahui jika polisi tersebut adalah Brigadir Helmi Setiyawan. Atas keberaniannya, ia berhak mendapat penghargaan langsung dari Kapolres Magelang Kota Polda Jateng, AKBP Yolanda Evalyn.

"Atas nama pimpinan Polres Magelang Kota mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan oleh Brigadir Helmi," kata Yolanda, dalam keterangan resmi, Kamis (7/12/2023).

Sebelumnya, dalam video tersebut terekam sang pelaku percobaan pembuhunan menduduki korban yang sudah bersimbah darah di lantai. Pelaku melakukan tindak kekerasan itu menggunakan senjata tajam.

Setelah ditangkap, diketahui jika pelaku adalah JN (55) teman lama dari korban. Namun sebelum kejadian itu, korban sudah lebih dulu dirawat sejak tanggal 4 November 2023 lalu.

Awalnya, pelaku beralasan menjenguk korban. Pada saat bersamaan, terjadi cekcok antara pelaku dan korban, hingga akhirnya pelaku merasa geram hingga melakukan penganiayaan dan mencoba untuk membunuh.

Khawatir dengan tindakan tersebut, pihak rumah sakit pun kemudian menghubungi polisi. Tak perlu waktu lama, pihak Polres Magelang Kota tiba di lokasi.

Mereka pun didampingi pihak rumah sakit yang mencoba untuk meredam amarah pelaku. Sempat teralihkan dengan perlakuan pihak rumah sakit, Brigadir Helmi Setyawan yang juga merupakan anggota Sat Reskrim Polres Magelang Kota menyergap di balik jendela yang jaraknya tidak jauh dari pelaku.

Pelaku yang lengah langsung ditangkap polisi. 

Aksi heriok Brigadir Helmi ternyata tidak asal-asalan dilakukan. Ia telah melatih berbagai gerakan sejak lama. Menariknya lagi, ternyata ia adalah salah satu instruktur Bela diri Polri di Polres Magelang Kota.

"Tidak sia-sia menjadi instruktur bela diri ya, jadi bisa diberikan pada saat pelaksanaan tugas," kata Yolanda.

Menurut Yolanda, kemampuan bela diri yang dimiliki bisa berguna dan bermanfaat saat melaksanakan tugas. Ia berpesan kepada seluruh personel Polres Magelang Kota agar semangat seperti ini ditanamkan kepada masing-masing anggota.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya