Daftar Gim Video Steam Terlaris Sepanjang 2023, Dota 2 Masih Teratas

Steam membagi dalam tujuh kategori, yakni, Terlaris, Rilisan Baru, Paling Banyak Dimainkan, Akses Awal, Steam Deck, Pengontrol, dan VR.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 04 Jan 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2024, 03:00 WIB
Dota 2
The Aegis of Champions, target semua pemain Dota 2 yang ikutan turnamen The International. (Doc: Valve)

Liputan6.com, Yogyakarta - Layanan distribusi gim digital Steam merilis katalog Best of 2023. Daftar itu berisi gim gratis maupun berbayar yang mendapat peringkat dalam penjualan dan sering dimainkan pengguna.

Steam mengumpulkan data mulai dari 1 Januari 2023 hingga 15 Desember 2023. Steam membagi dalam tujuh kategori, yakni, Terlaris, Rilisan Baru, Paling Banyak Dimainkan, Akses Awal, Steam Deck, Pengontrol, dan VR. Kategori-kategori ini memiliki dua hingga empat tingkatan, termasuk Platinum, Gold, Silver, dan Bronze.

1. Gim terlaris pada 2023

Dimulai dengan Top Sellers atau penjualan terlaris, Dota 2 menduduki puncak chart, disusul Apex Legends, keduanya merupakan game gratis yang bisa dimainkan pengguna. Di posisi ketiga ada Baldur’s Gate 3, game berbayar pertama dalam daftar tersebut.

Wajar saja, gim ini tidak hanya diakui para ahli tetapi juga telah memenangkan penghargaan Game of the Year tahun lalu. Selanjutnya Call of Duty Modern Warfare III, meski mendapat ulasan buruk, tetap berhasil menempati posisi keempat. Kemudian ada Destiny 2 bertengger di posisi ke-5. Cyberpunk 2077, meski memulai debut kurang memuaskan di awal tahun, gim ini berhasil merebut posisi ke-6.

2. Gim yang paling banyak dimainkan pada tahun 2023

Dalam kategori ini, Sons of the Forest, Destiny 2, dan Starfield masing-masing menempati posisi pertama, kedua, dan ketiga. Gim tersebut dimainkan lebih dari 300.000 pemain. Selanjutnya ada PUBG: Battlegrounds, Baldur’s Gate 3, dan Hogwarts Legacy yang menempati tiga posisi berikutnya. Dari data yang diperoleh Steam judul-judul itu juga memiliki lebih dari 300.000 pemain. 

Sedangkan untuk gim-gim yang menggemparkan di Steam Deck, The Witcher Wild Hunt menduduki puncak papan klasemen, disusul Resident Evil 4, Half-Life, Baldur's Gate 3, Dave The Diver, Elden Ring, Hogwarts Legacy, GTA V, dan Starfield.

3. Diskon besar untuk gim populer di Steam Winter Sale

Valve menawarkan diskon besar-besaran untuk banyak judul gim di Steam pada momen Steam Winter Sale 2023 hingga 4 Januari 2024.

Steam telah mengumumkan penjualan musim dingin. Valve menawarkan diskon besar-besaran untuk ribuan game untuk Windows, Mac, dan Linux di platform, termasuk banyak judul populer, seperti Baldur's Gerbang 3, Call Of Duty: Modern Warfare III, Cyberpunk 2077, Diablo IV, Elden Ring, Forza Horizon 5, Grand Theft Auto V, Lies of P, Mortal Combat 1, Red Dead Redemption 2, Resident Evil 4, Starfield.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya