Sudah Tayang di Bioskop, Ini Deretan Fakta Menarik Film Pemandi Jenazah

Bukan sekadar film biasa, berikut beberapa fakta menarik film Pemandi Jenazah.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 25 Jan 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2024, 03:00 WIB
Adegan Film Pemandi Jenazah
Hadrah Daeng Ratu kembali ke genre horor lewat Pemandi Jenazah yang dibintangi Aghniny Haque dan Djenar Maesa Ayu. Film ini diangkat dari kisah nyata. (Foto: Dok. Instagram @aghninyhaque)

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Pemandi Jenazah baru saja tayang di bioskop Indonesia pada 22 Januari 2024. Film horor ini merupakan karya sutradara Hadrah Daeng Ratu.

Sang sutradara menggandeng beberapa aktor dan aktris ternama untuk andil dalam film ini, seperti Aghniny Haque, Djenar Maesa Ayu, Ibrahim Risyad, Amara Sofie, Messi Gusti, Riafinola, Ruth Marini, Mian Tiara, Nelly Sukma, dan lain-lain. Bukan sekadar film biasa, berikut beberapa fakta menarik film Pemandi Jenazah:

1. Diangkat dari pengalaman pribadi

Film Pemandi Jenazah ternyata diadaptasi dari kisah nyata pengalaman seorang pemandi jenazah bernama Bu Hikmah. Menjadi pemandi jenazah selama hampir 40 tahun, Bu Hikmah kerap mengalami beberapa kejadian tak masuk akal.

Ia pernah menemukan kembang belatung saat memandikan jenazah. Berbagai kondisi mengenaskan yang pernah dialaminya pun akan digambarkan dalam film ini.

2. Pendalaman karakter

Pemeran film Pemandi Jenazah menjalani workshop dengan seorang pemandi jenazah yang sudah berpengalaman, yakni Bu Hikmah. Pendalaman karakter ini dilakukan oleh Djenar Maesa Ayu dan Aghniny Haque.

Mereka mempelajari tata cara memandikan jenazah sesuai syariat Islam hingga terjun langsung dalam proses pembuatan kain kafan untuk jenazah.

 


Pengalaman Seram

3. Pengalaman menyeramkan

Setiap produksi film horor biasanya memang diwarnai dengan pengalaman menyeramkan, tak terkecuali film Pemandi Jenazah. Beberapa pemeran sempat merasakan beberapa kejadian horor setelah workshop berlangsung.

Bu Hikmah yang baru saja memandikan jenazah dan langsung datang ke acara workshop ternyata membawa energi yang berpindah ke acara tersebut. Djenar sempat mengeluh badannya sakit, sedangkan Aghny sempat pegal-pegal.

4. Debut film pertama Visual Media Studio

Film Pemandi Jenazah menjadi debut bagi Visual Media Studio. Meski baru pertama kali, rumah produksi ini tak mau main-main.

Visual Media Studio menyatukan penulis skenario Lele Laila dan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Mereka juga menggandeng pemain-pemain terbaik.

5. Kolaborasi pertama Hadrah Daeng Ratu dan Lele Laila

Seperti dikatakan sebelumnya, film debut ini menyatukan penulis skenario Lele Laila dan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Kolaborasi ini menandai kerja sama pertama keduanya sebagai sineas dan penulis.

Pemandi Jenazah berkisah tentang seorang perempuan pemandi jenazah bernama Lela (Aghniny Haque). Ia adalah anak seorang pemandi jenazah bernama Bu Siti (Djenar Maesa Ayu).

Kisah berawal saat Bu Siti meninggal secara misterius. Hal itu mengubah kehidupan Lela.

Setelah kematian Bu Siti, kasus kematian lainnya pun terjadi dalam waktu singkat di kampung tersebut. Lela yang melanjutkan pekerjaan ibunya menemukan beberapa kejanggalan dari setiap jenazah yang dimandikannya.

Kisah Lela sebagai pemandi jenazah ini sangat menarik untuk diikuti. Penonton akan diajak mencari tahu apa yang terjadi di kampung tersebut.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya