Bantu Jaga Pasokan Listrik di IKN, Ini Strategi PLN Nusa Daya

PT PLN Nusa Daya kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan dan stabilitas energi nasional dengan menyediakan backup daya listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

oleh Apriyanto diperbarui 26 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 19:00 WIB
Listrik di IKN
Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha PT PLN Nusa Daya, Reny Wahyu Setiaswan bersama dengan VP Operasi PT PLN Nusa Daya, Joko Nur Astanto bersama Tim dan Mitra meninjau langsung progres kesiapan back up daya PLN Nusa Daya di IKN.

Liputan6.com, Nusantara - PT PLN Nusa Daya kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan dan stabilitas energi nasional dengan menyediakan backup daya listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk memastikan ketersediaan listrik yang handal dan stabil di pusat pemerintahan baru Indonesia.

Direktur Utama PT PLN Nusa Daya, Feby Joko Priharto menyatakan bahwa dukungan ini merupakan wujud dari tanggung jawab PLN Nusa Daya dalam menjaga pasokan listrik yang andal di IKN.

“Kami bangga dapat berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara dengan menyediakan infrastruktur listrik yang memadai. Keandalan listrik adalah kunci utama dalam mendukung aktivitas pemerintahan dan pembangunan di IKN,” ujar Feby, pada Kamis (25/7/2024).

Dia menjelaskan, untuk mendukung operasional IKN, PLN Nusa Daya telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti back up daya kelistrikan. “PLN Nusa Daya support PLN dengan menambahkan daya dengan kapasitas 12 MW tepatnya di GIS 4 IKN untuk memastikan ketersediaan daya yang mencukupi,” sebutnya.

Tak hanya itu, di lokasi-lokasi kritis PLN Nusa Daya juga telah memasang generator set (genset) dan uninterruptible power supply (UPS) sebagai backup untuk menjamin kontinuitas pasokan listrik.

“ Kami juga memperkuat jaringan distribusi listrik dengan membangun gardu hubung dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan yang ada,” katanya.

Pihaknya juga menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dari total 15 SPKLU nantinya yang dibutuhkan untuk mendukung operasional Kendaraan Electric Vehicle (EV), PLN Nusa Daya ikut berpartisipasi dengan membangun total 6 SPKLU permanen di Kemensetneg dan 5 SPKLU Mobile berada di Stadion Batakan yang akan mendukung operasional EV nantinya.

“Dengan langkah-langkah tersebut, kami memastikan bahwa seluruh aktivitas di IKN, termasuk pemerintahan, layanan publik, dan kegiatan ekonomi, dapat berjalan tanpa hambatan yang disebabkan oleh gangguan listrik,” pungkasnya.

Hal ini juga diharapkan dapat mendukung kelancaran operasional dan percepatan pembangunan di Ibu Kota Nusantara.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Mitra PLN Nusa Daya), Teguh mengatakan siap mendukung PLN Nusa Daya. “Keandalan listrik adalah salah satu faktor krusial dalam pembangunan dan operasional IKN. Dukungan dari PLN Nusa Daya sangat membantu dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara dan kami siap membantu,” sebutnya.

PLN Nusa Daya terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan infrastruktur listrik yang handal dan berkelanjutan. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, PLN bertekad untuk menjaga stabilitas pasokan listrik yang menjadi fondasi penting bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya