Jadwal Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024, Berikut Pengisi Acaranya

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan segera digelar dengan konsep baru yang unik. Berikut ini jadwal dan pengisi acaranya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Jul 2024, 13:37 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:36 WIB
Ilustrasi upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. (Bola.com/Dok.Olimpiade).

Liputan6.com, Bandung - Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan digelar dengan meraih pada Jumat (26/7/2024). Sebagai informasi Olimpiade tersebut dimulai pada tanggal 26 hingga 11 Agustus 2024 di Paris.

Sebagai pesta olahraga terbesar di dunia terdapat 32 cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain itu olimpiade ini akan diikuti oleh sekitar 206 negara dan 10.714 atlet termasuk para atlet dari Indonesia.

Melansir dari situs resmi Olympics pada Olimpiade tahun ini di Paris acara pembukaan akan berlangsung dengan konsep baru. Pasalnya pembukaan akan digelar di Sungai Seine yang terletak di depan Menara Eiffel.

Sungai ini akan menggantikan lintasan biasa dan dermaganya akan menjadi tribun untuk para penonton. Selain itu untuk pengalaman menarik ketika upacara pembukaan ada sekitar 80 layar raksasa yang dipasang di sepanjang Sungai Seine.

Kemudian 85 kapal akan dikerahkan untuk mengangkut semua delegasi di sepanjang 6 kilometer Sungai Seine. Sebagai informasi Tim Indonesia sendiri mengirimkan sekitar 29 atlet dari 12 cabang olahraga.

Di antaranya menembak, selancar, bulutangkis, balap sepeda, panjat tebing, rowing, senam, panahan, angkat besi, atletik, renang, hingga judo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Cincin Olimpiade Dipajang di Menara Eiffel
Struktur cincin yang terbuat dari baja Prancis yang didaur ulang ini akan dipajang di sisi selatan landmark berusia 135 tahun di pusat kota Paris, menghadap ke Sungai Seine. (AP Photo/Thomas Padilla)

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan digelar pada Jumat, 26 Juli 2024 pukul 19.30 waktu setempat. Diketahui untuk waktu Indonesia maka acara tersebut digelar pada Sabtu, 27 Juli 2024 dini hari pukul 00.30 WIB.

Masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan upacara pembukaan tersebut bisa menyaksikannya secara langsung di stasiun televisi SCTV atau melalui platform layanan streaming di Vidio.

Diketahui pembukaan acara Olimpiade ini memiliki konsep yang unik karena umumnya berlangsung di stadion. Namun tahun ini upacara tersebut digelar secara terbuka di Sungai Seine yang dikenal sebagai ikon kota Paris.

Pembukaannya dimulai dengan para atlet yang dibagi ke 100 perahu dan berlayar sepanjang 6 km melewati sejumlah landmark kota Paris. Mulai dari Notre-Dame de Paris, Louvre, Pont des Arts, hingga Musee d’Orsay.


Pengisi Acara Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Kapal melewati sepanjang Sungai Seine di Paris pada 4 Juli 2024. (Dok: JOEL SAGET / AF)
Kapal melewati sepanjang Sungai Seine di Paris pada 4 Juli 2024. (Dok: JOEL SAGET / AF)

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber sejumlah artis papan atas dunia dikabarkan akan tampil dalam acara pembukaan Olimpiade Paris 2024. Bahkan penyanyi kondang seperti Celine Dion hingga Lady Gaga dikabarkan akan menjadi pengisi acara tersebut.

Namun saat ini kedua artis tersebut belum dikonfirmasi kehadirannya sebagai pengisi acara. Sementara itu penyanyi asal Prancis, Aya Nakamura dipastikan tampil untuk acara tersebut dan dilaporkan ada sekitar 3 ribu penari dan artis pendukung.

Selain kehadiran musisi populer dunia acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh dunia. Salah satunya First Lady Jill Biden, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Finlandia Alexander Stubb, dan lain-lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya