Pilwakot Batam, Timses Prabowo Tak Dapat Partai

Mendapat endorsmen Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Marlin Agustina sang istri tetap belum mendapatkan perahu partai politik sebagai kendaraan maju Pilwakot Batam. Perlawanan terhadap praktek politik dinasti?

oleh Ajang Nurdin diperbarui 01 Agu 2024, 18:25 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 18:25 WIB
Batam
Baliho pencalonan Jefridin Hamid sebagai calon Wakil Wali Kota Batam mendampingi Marlin Agustina yang notabene istri dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: liputan6.com/ajang nurdin 

Liputan6.com, Batam - Memasuki Kota Batam, mata pengunjung akan dimanjakan berbagai spanduk dan baliho para calon Wali Kota yang berambisi ikut Pilkada serentak 2024. Mulai dari Marlin Agustina (istri Wali Kota Batam), Sekda Kota Batam Jefridin Hamid, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad hingga Li Claudia Chandra.

Uniknya, baru pasangan Amsakar-Li Claudia Chandra saja yang sudah pasti maju dalam kontestasi tersebut. Marlin Agustina yang sekarang menjadi Wakil Gubernur Kepri dan merupakan istri Ketua DPW Partai Nasdem ternyata juga tak mendapatkan dukungan partainya.

Dalam Pilpres 2024, Marlin Agustina lompat pagar dan bergabung dengan partai Gerindra. Namun ia tak juga mendapatkan rekomendasi dari Gerindra.

Kondisi ini memunculkan isu adanya kotak kosong dalam Pilwakot Batam 2024.

Skenario awal, Marlin Agustina akan berpasangan dengan Jefridin Hamid, Sekda Kota Batam dan mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Batam sekaligus ketua DPW Partai Nasdem Kepri Muhammad Rudi. Bahkan Rudi sempat menyosialisasikan pencalonan Marlin Agustina di hadapan para ASN Pemkot Batam.

Jefridin Hamid mengaku hingga kini belum ada partai yang mengusungnya.

"Tak jadilah karena perahunya tak ada. Dari dulu saya ngomong begitu, saya siap maju kalau ada partai pengusung itu prinsip," kata Jefridin.

Karena tak ada yang mau mengusung, ia batal pensiun dini sebagi ASN.

"Kemaren kalau ada perahu dapat 20 persen saya mundur , tapi ternyata batal, saya dalam kondisi pasif saya tidak melakukan lobi sana lobi sini saya serahkan saja mengalir bagai air," katanya.

Jefridin mengucapkan selamat terhadap Bacalon Amsakar-Li Cloudia yang mendapatkan hampir 99 persen partai mendukungnya. Jefridin berencana mengurungkan niat karena tidak ada pengusung. Namun balihonya masih bertebaran, entah untuk apa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya