Begini Cara Lapas Bulukumba Cegah Aksi Pungli

Beragam upaya Lapas Bulukumba dalam mencegah pungli, ini salah satunya.

oleh Eka Hakim diperbarui 26 Agu 2024, 17:34 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 16:47 WIB
Lapas Bulukumba menyediakan wartel khusus guna mencegah pungli di lingkup lapas.
Lapas Bulukumba menyediakan wartel khusus guna mencegah pungli di lingkup lapas.

Liputan6.com, Bulukumba Berbagai upaya terus dilakukan Lapas Kelas IIA Bulukumba (Lapas Bulukumba) dalam mengantisipasi pungutan liar (pungli). Salah satunya dengan menyediakan layanan Wartelsuspas (Warung Telepon Khusus Lapas).

Sebanyak 12 unit kotak telepon disediakan untuk digunakan ratusan warga binaan saat ini di Lapas Kelas II A Bulukumba yang terdiri dari 137 tahanan dan 356 narapidana

12 layanan kotak telpon ini terbagi. 10 layanan kotak telepon terletak di area komandan jaga dan dua lainnya di dalam blok wanita.

Kalapas Bulukumba, Mut Zaini, mengatakan, Wartel sudah ada sejak lama, namun untuk pembaruan layanan.

Melalui akun virtual ini, kata dia, baru dimulai sejak tahun lalu sebagai antisipasi penyalahgunaan telepon seluler. Hal ini juga merupakan upaya dari Lapas Bulukumba dalam memenuhi hak warga binaan untuk berkomunikasi bersama keluarga

"Layanan ini sudah kita berikan sejak setahun lalu, layanan ini bekerjasama dengan Koperasi Lapas Bulukumba untuk memudahkan para warga binaan dalam berkomunikasi bersama keluarga," terang Mut Zaini, Senin (26/8/2024).

Selain itu Lapas Bulukumba juga selalu siaga melakukan sidak rutin untuk mengantisipasi peredaran barang terlarang.

"Mulai dari proses pengeledahan barang bawaan pengunjung melalui alat X-ray dan pemeriksaan pengunjung yang dilakukan secara langsung oleh Petugas Lapas Kelas IIA Bulukumba," Mut Zaini menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya