Taeil Keluar dari NCT, Diduga Terlibat Kasus Kejahatan Seksual

Taeil personel NCT dikabarkan keluar dari grup tersebut setelah diduga terlibat kasus kejahatan seksual.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Agu 2024, 11:38 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 11:30 WIB
Taeil NCT
Pemilik nama Moon Taeil ini berhasil meraih 1 juta followers hanya dalam waktu 105 menit, atau satu jam dan empat puluh lima menit. Rekor ini mengalahkan Rupert Grint yang mencatat 1 juta followers dalam waktu empat jam dan satu menit.

Liputan6.com, Bandung - Kabar mengejutkan datang dari Taeil yang dikenal sebagai salah satu personel boy band NCT. Pasalnya, baru-baru ini pihak agensi SM Entertainment merilis sebuah pernyataan yang menyebutkan Taeil terlibat kasus kejahatan seksual pada Rabu (28/8/2024).

“Ini SM Entertainment. Baru-baru ini kamu mengetahui bahwa Taeil telah dituduh dalam kasus pidana terkait pelanggaran seksual,” tulis SM Entertainment.

Pihak agensi juga menuturkan bahwa situasi dari kasus tersebut dinilai sudah cukup parah. Alhasil SM Entertainment memutuskan untuk menghentikan seluruh aktivitas Taeil terutama dengan grup NCT dan dipastikan telah keluar dari grup tersebut.

“Saat kami menilai fakta terkait masalah ini, kami menyadari betapa parahnya situasi dan memutuskan bahwa Taeil tidak dapat lagi melanjutkan aktivitasnya dengan tim (NCT). Setelah berdiskusi dengan Taeil, kami memutuskan untuk keluar dari grup,” ujarnya.

Pada pernyataan tersebut, SM Entertainment juga turut menyebutkan bahwa saat ini Taeil telah bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan polisi. Kemudian pada proses penyelidikan tersebut pihak agensi akan memberikan pernyataan lebih lanjut.

Selain itu pihak agensi juga meminta maaf kepada publik terkait kasus yang menjerat artisnya dan membuat keresahan kepada banyak pihak.

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekhawatiran dan kesusahan yang ditimbulkan kepada artis kami,” tulisnya.

Sementara itu, melansir dari Soompi setelah pernyataan yang dirilis oleh SM Entertainment. Pihak kepolisian di Korea Selatan telah membagikan sejumlah informasi terkait penyelidikan tersebut.

Diketahui, pada Jumat (29/8/2024) di Kantor Polisi Seoul Bangbae mengungkapkan bahwa polisi menangkap Taeil setelah laporan diajukan pada bulan Juni. Laporannya terkait dugaan pelanggaran seksual yang dilaporkan oleh perempuan dewasa yang sah berinisial “A”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Singkat Taeil

Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)
Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)

Melansir dari beberapa sumber, Taeil dikenal sebagai seorang idol yang tergabung dalam boy group asal Korea Selatan yang dikenal dengan nama NCT. Boy band tersebut berdiri di bawah naungan agensi kondang, SM Entertainment.

Taeil mempunyai nama asli Moon Tae Il dan lahir pada tanggal 14 Juni 1994 di Seoul, Korea Selatan. Pria berusia 20 tahun itu diketahui mempunyai seorang adik perempuan yang tiga tahun lebih muda darinya.

Dia juga pernah menempuh pendidikan di Seo Seoul Life Science High School dengan jurusan Practical Music Department. Kemudian berkuliah di Hanyang University dengan jurusan yang sama saat SMA namun diketahui saat ini telah keluar dari kampus tersebut.

Sebelum debut bersama NCT, Taeil sempat diperkenalkan sebagai salah satu bagian SM Rookies pada tanggal 13 Oktober 2015. Kemudian, pada April 2016 dia debut sebagai vokalis utama untuk sub unit NCT yang dikenal dengan NCT U.


Perjalanan Karier Taeil

Taeil NCT
Taeil NCT belum lama ini membuat rekor dunia Guinness baru. Akhirnya membuat akun Instagram personal, ia menjadi akun Instagram tercepat yang meraih 1 juta followers

Taeil memulai kariernya dalam dunia hiburan Korea Selatan setelah diperkenalkan sebagai bagian dari SM Rookies pada 13 Oktober 2015. Sebagai informasi SM Rookies merupakan program dari SM Entertainment yang dikenal sebagai tim pelatihan pradebut agensi.

Kemudian pada 9 April 2016, Taeil berhasil debut resmi menjadi personel sub unit NCT U dan menjadi vokalis. Tidak lama kemudian Taeil juga menjadi personel sub unit NCT 127 yang debut pada 7 Juli 2016.

Ketika bergabung sebagai personel NCT, Taeil digambarkan sebagai sosok yang memiliki vokal kuat. Dia juga sering terlibat dalam sejumlah proyek musik termasuk berkolaborasi dengan banyak artis dan musisi lainnya.

Dia juga sering terlibat dalam proyek album-album kompilasi, lagu untuk drama, dan lain-lain karena kemampuannya sebagai penyanyi. Namun sayangnya karier tersebut harus sirna seketika karena Taeil diduga terlibat kejahatan seksual.

Pihak agensi yang menaungi Taeil, SM Entertainment juga menyebutkan bahwa Taeil telah keluar dari NCT akibat dari kasus tersebut. Saat ini belum ada informasi tambahan terkait permasalahan tersebut mengingat kasusnya masih dalam penyelidikan.


Personel NCT Kompak Unfollow Taeil

NCT
Lagu Coming Home dibawakan oleh Taeil, Haechan dan Doyoung dan Jaehyun dalam NCT U.

Setelah berita terkait kasus tersebut tersebar, seluruh personel NCT nampak secara kompak melakukan unfollow pada akun media sosial Taeil. Tidak hanya itu beberapa personel juga terlihat menghapus foto Taeil di akun pribadi mereka.

Kemudian para penggemar di media sosial juga ramai membahas kasus tersebut dan meluapkan rasa kecewanya. Tidak sedikit warganet terkejut dengan kabar tersebut mengingat karakter yang ditampilkan Taeil di publik terkenal sebagai sosok yang tenang dan pendiam.

Tidak sedikit para penggemar juga merasa khawatir dengan para personel NCT yang lain. Pasalnya, sosok Taeil bagi sejumlah personel grup tersebut sering kali digambarkan sebagai “kakak” yang sering dibanggakan.

Sumpah sih masa kek gk nyangka, Taeil tuh setauku hyung kebanggaannya ank2 nct, kalem gitu pembawaannya, gk neko2 tp malah kek begini. Big hug buat NCT dan NCTZem,” kata salah satu warganet.

Penasaran apa yang Taeil lakukan sampai SM mengambil keputusan ini. Pasti jauh lebih buruk daripada apa yang terjadi pada Lucas,” kata warganet lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya