PON XXI Aceh-Sumut 2024, Pertamina Patra Niaga Sumbagut Pastikan Ketersediaan BBM Aman

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman dan kuota mencukupi selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

oleh Reza Efendi diperbarui 04 Sep 2024, 17:32 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 17:32 WIB
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria

Liputan6.com, Medan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman dan kuota mencukupi selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal itu disampaikan Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, kepada wartawan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu, 4 September 2024.

"Pastinya, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mendukung penuh pelaksanaan PON dan siap menyukseskan PON Aceh-Sumut ini," kata Satria.

Satria juga mengatakan, diprediksi terjadi peningkatan konsumsi BBM selama penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 1 persen dari rata-rata konsumsi harian atau normal.

"Kami pastikan, BBM, baik itu Jenis Bahan Bakar Umum (JBBU) Pertamax Series dan Dex Series serta BBM subsidi seperti biosolar dan Pertalite tersedia, dan mencukupi sepanjang pelaksanaan PON," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukung Even Olahraga Nasional

20160315-Hore, Harga BBM Pertamina Turun Rp 200 Per Liter-Jakarta
Mesin pengisian ulang bahan bakar minyak di salah satu SPBU, Jakarta, Selasa (15/3). Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite Rp 200 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Disebutkan Satria, lonjakan konsumsi BBM saat PON XXI Aceh-Sumut 2024 tidak akan terlalu besar seperti Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) atau Natal dan Tahu Baru (Nataru).

Namun, sebut Satria lagi, Pertamina Patra Niaga Sumbagut tetap melakukan penanganan yang baik, dan menjamin ketersediaan BBM untuk mendukung even olahraga nasional 4 tahunan ini.

"Ya, lonjakan kami prediksi tidak seperti Nataru dan Rafi. Kalau dirata-rata normal, mungkin naik satu persen saja. Itu estimasi kami," sebutnya.

Pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap lalu lintas yang padat selama PON berlangsung, dengan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, untuk memastikan pasokan BBM di SPBU aman.

"SPBU-SPBU mana yang nanti berpotensi terjadi lonjakan pengisian BBM. Di Aceh kita dukung dua modular khusus untuk JBBU, untuk mendukung PON," sucapnya.


Siagakan Mobil Truk Tangki

Truk Tangki Pertamina
Truk tangki Pertamina usai mengisi pasokan BBM di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Boyolali.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Diungkapkan Satria, Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga menyiagakan truk tangki untuk melakukan pendistribusian apabila diperlukan tambahan pasokan BBM di sekitar lokasi penyelenggaraan PON.

"Truk tangki kita standby, kantong-kantong BBM kita dekatkan dengan terminal BBM. Tidak perlu khawatir, kita komitmen ketersediaan untuk BBM seluruh jenis," ungkapnya.


Bentuk Tim Satgas

Terakhir, Satria mengatakan, selama penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung mulai 9 hingga 20 September, pihaknya membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk mendukung even akbar olahraga terbesar di Tanah Air.

"Sudah kita aktifkan satu minggu kemarin untuk mendukung pelaksanaan PON di Aceh dan Sumut," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya