Bobby Nasution Inginkan Sumut Jadi Daerah Keadilan Restoratif

Bobby Nasution mengungkapkan keinginannya agar Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi daerah restorative justice atau keadilan restoratif.

oleh Reza Efendi diperbarui 13 Sep 2024, 18:01 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 18:01 WIB
Bobby Nasution
Bobby Nasution. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Simalungun Bobby Nasution mengungkapkan keinginannya agar Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi daerah restorative justice atau keadilan restoratif.

Keinginan itu disampaikan Bobby Nasution sebagai Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (AKSI) Sumut.

Bobby Nasution, kembali bicara soal keterjaminan keadilan bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa di seluruh wilayah Sumut.

Kali ini, Bobby menyampaikan harapannya itu di kegiatan Pelantikan DPC AKSI Kabupaten Simalungun, di Lapangan Kantor Bupati Simalungun, Kamis, 12 September 2024.

"Kita ingin Sumut ini bisa menjadi daerah restorative justice, persoalan yang enggak perlu-perlu sampai ke ranah hukum yang berlebih, enggak usah," ucap Bobby.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak yang Mengadu

Bakal calon gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, menyambangi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis sore (18/7/2024). (Merdeka.com/Alma Fikhasari)
Bakal calon gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, menyambangi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis sore (18/7/2024). (Merdeka.com/Alma Fikhasari)

Menurut Bobby Nasution, hal itu perlu dilakukan, khsususnya di daerah-daerah yang memiliki potensi besar di sektor ekonomi. Biasanya, daerah itu sering terjadi kesealahpahaman antara pihak perusahaan dengan masyarakat.

"Jujur, biasanya kita di daerah sering terjadi singgungan. Yang banyak saya temui, dan yang ngadu biasanya persoalan masyarakat dengan perusahaan-perusahaan," sebutnya.

"Apalagi perusahaan yang berbentuk budidaya seperti sawit dan lain-lain. Misalnya hanya ngambil berondolan, panjangnya luar biasa kasusnya," sambungnya.

Bobby Nasution mengungkapkan keinginannya agar Sumut memiliki rumah restorative justice sampai ke tingkatan desa. Supaya, masyarakat yang tersandung masalah tidak harus dijerat hukum dan dapat terlindungi.

"Kita pengin Sumut ini ada rumah restorative justice sampai ke tingkat desa-desa," ujarnya.


Rumah Desa Bersatu

Bobby Nasution
Bobby Nasution daftar ke KPU untuk bertarung di Pilkada Sumut 2024

Terakhir, Suami Kahiyang Ayu itu berharap agar Rumah Desa Bersatu yang digagas DPC AKSI Simalungun dapat menjadi wadah masyarakat untuk menyelesaikan segala konflik sosial warga desa.

"Harapan kita, ini bisa juga menjadi tempat masyarakat, bukan hanya para kepala desa, pemerintah atasannya, tapi juga bisa menyelesaikan konflik-konflik sosial yang ada di masyarakat," tandasnya.


Program Keadilan Restoratif

Bobby Nasution
Bobby Nasution dan Surya daftar ke KPU Sumut

Sebelumnya, saat Bobby Nasution dan Surya akan mendaftarkan diri untuk maju sebagai Bapaslon Cagub-Cawagub Sumut di Pilkada 2024 ke KPU Sumut, juga menyebut akan menjamin peran dan keterlibatan masyarakat pedesaan melalui program restorative justice.

"Untuk menjamin peran dan keterlibatan masyarakat pedesaan, kita akan jamin keadilan untuk masyarakat melalui Program Restorative Justice yang akan hadir di seluruh desa di Sumut," kata Bobby Nasution.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya