Mengenal Uniknya Bubur Sop Ayam Mang Ipin, Kuliner Khas di Cirebon

Cirebon memang tidak pernah habis menyajikan sajian kuliner yang menarik untuk disantap. Salah satunya menu makanan Bubur Sop Ayam yang unik karena bubur ini menggunakan kuah kaldu yang melimpah.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Sep 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 16:00 WIB
Bubur ayam
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Amallia Eka

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau yang indah dan menari. Namun negara ini tidak hanya kaya akan keindahan alamnya tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam.

Diketahui dari Sabang sampai Merauke setiap daerah memiliki cita rasa khas makanan yang berbeda-beda. Selain itu, kuliner Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang ingin merasakan cita rasa autentik dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu kuliner khas Indonesia yang wajib dicoba oleh wisatawan baik lokal dan mancanegara adalah bubur sop ayam. Bubur sop ayam memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan bubur ayam pada umumnya.

Pasalnya, jika bubur ayam biasa atau pada umumnya disajikan dengan kuah rasa yang sederhana dan secukupnya bahkan ada yang tidak menggunakan kuah. Sementara, bubur sop ayam khas Cirebon memiliki kuah yang lebih kaya rasa dan melimpah dengan campuran bumbu-bumbu khas.

Ciri khas bubur sop ayam Cirebon yang paling jadi sorotan adalah kuahnya yang kaya akan rasa. Kuah kaldu ayamnya biasa dibuat dengan campuran berbagai rempah-rempah khas Indonesia.

Berdasarkan perpaduan rempah-rempah ini sehingga berhasil menyajikan rasa makanan yang gurih sehingga menggugah selera. Selain kuah kaldu yang kaya rasa, bubur sop ayam Cirebon juga dilengkapi dengan berbagai topping yang menarik.

Beberapa topping yang umum ditemukan adalah ayam suwir, daun bawang, seledri, kerupuk, hingga bawang goreng. Salah satu tempat makan bubur sop ayam yang wajib dicoba adalah Bubur Sop Ayam Mang Ipin di Cirebon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Bubur Sop Ayam Mang Ipin

bubur ayam telur puyuh
Ilustrasi bubur ayam telur puyuh./Copyright shutterstock.com/g/amalliaeka

Bubur Sop Ayam Mang Ipin dikenal sebagai salah satu sajian kuliner khas di Cirebon yang wajib untuk dicoba. Sebab tempat makan ini terkenal menjadi destinasi kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1970-an.

Bahkan tempat makannya sudah mempunyai sejumlah cabang dan yang paling terkenal ada di Jl. Pangeran Antasari. Tempat makan ini menyediakan menu Bubur Sop Ayam dengan topping yang beragam.

Tempat makan ini juga jadi ikon kuliner Cirebon yang sudah mempunyai banyak penggemar baik di antara masyarakat lokal dan wisatawan. Karena cabangnya yang sudah tersedia di beberapa tempat menjadikan kuliner ini mudah ditemukan di Cirebon.

Harga makanannya juga terkenal ramah di kantong dan mempunyai satu porsi makanan yang mengenyangkan dan menggugah selera.


Daya Tarik Bubur Sop Ayam Mang Ipin

ilustrasi sop ayam/masakanmama.com
ilustrasi sop ayam/masakanmama.com

Daya tarik utama tempat makan ini tentu sajian bubur sop ayamnya yang legendaris dan khas. Selain itu, sajian topping ayam suwir di tempat ini juga berbeda dari tempat lain karena menggunakan ayam kampung.

Kemudian, Bubur Sop Ayam Mang Ipin juga diketahui menggunakan kuah sop yang khas dan gurih dengan cita rasa yang khas. Diketahui bumbu makanannya masih menggunakan resep legendaris yang digunakan secara turun-temurun.

Sementara itu, tidak hanya menyajikan ayam suwir terdapat juga topping soun yang menjadikan kulinernya semakin unik dan kaya. Bubur di tempat ini juga tidak encer melainkan kental sehingga nikmat disantap dengan kuahnya.

Bagi masyarakat di Cirebon, tempat kuliner ini menjadi destinasi yang wajib untuk dilestarikan. Sebab, masih menjadi kuliner legendaris yang menyediakan menu makanan unik untuk masyarakat yang belum pernah mencobanya.


Lokasi dan Rute ke Bubur Sop Ayam Mang Ipin

Ilustrasi objek wisata Keraton Kasepuhan Cirebon
Ilustrasi objek wisata Keraton Kasepuhan Cirebon. (Photo by Maharanita Nugradianti on Unsplash)

Salah satu cabang Bubur Sop Ayam Mang Ipin yang cukup populer dikunjungi berada di Jl. Pangeran Antasari, Marikangen, Kec. Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Tempatnya juga berada di kawasan yang strategis karena berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Pengunjung bisa mendatangi tempat ini dari Alun-Alun Cirebon dengan menempuh jarak 11,2 km atau 20 menit perjalanan saja.

Bahkan dari spot wisata populer Cirebon, Keraton Kasepuhan hanya berjarak sekitar 13,7 km atau 25 menit perjalanan saja. Adapun bagi wisatawan yang datang dari Stasiun Cirebon bisa menempuh jarak 12,5 km atau 22 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya