Intip, 6 Rekomendasi Kuliner Pekalongan Nikmat dan Populer

Pekalongan dikenal sebagai kota Batik dan memiliki sejumlah kuliner menarik yang bisa dicoba.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Okt 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 07:00 WIB
Soto Tauto
Selain batik, Pekalongan juga dikenal dengan kuliner Soto Tauto yang tidak kalah enak (Instagram/@dapoer_lika).

Liputan6.com, Bandung - Ketika mengunjungi pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah, kamu akan tiba di sebuah kota yang dikenal dengan nama Pekalongan. Kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Kabupaten Batang di Timur, dan Kabupaten Pekalongan di sebelah Selatan dan barat.

Salah satu daya tarik utama kota Pekalongan adalah industri batiknya dan membuat kota ini turut dijuluki sebagai “Kota Batik”. Pekalongan mempunyai pusat kerajinan batik dan museum batik yang bisa dikunjungi wisatawan.

Melansir dari situs resmi Pemkot Pekalongan batik di kota ini diketahui sudah ada sekitar tahun 1800. Sejak itu, batik menjadi salah satu pemasukan hidup untuk masyarakat Pekalongan sampai berabad-abad kemudian dan masih eksis hingga sekarang.

Biasanya para pengrajin batik melakukan produksinya di rumah-rumah dan menjadikan kota ini sebagai penghasil batik terbesar di Indonesia. Selain itu, kota ini juga menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa.

Sebab pelabuhannya sering kali menjadi transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan dari berbagai daerah. Kota ini juga menjadi lokasi sejumlah pengolah hasil laut seperti ikan asin, ikan asap, tepung ikan, dan lain-lain.

Kemudian kota Pekalongan juga populer dengan kulinernya yang tidak kalah menarik. Diketahui tempat ini memiliki sejumlah destinasi kuliner nikmat yang bisa dicicipi dan berikut ini rangkuman sejumlah kuliner yang bisa dicoba di Pekalongan.

6 Rekomendasi Kuliner Pekalongan Nikmat dan Populer

sop buntut
Ilustrasi sop buntut./Copyright shutterstock.com

1. Warung Masduki

Warung Masduki merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Pekalongan arena menyediakan menu makanan lengkap khas Indonesia mulai dari rendang daging, telur semur, acar nanas, dan lain-lain.

Tempat makan ini menyediakan beragam hidangan nasi, sayur, dan daging dengan suasana restoran santai di dominasi furnitur kayu. Melansir dari ulasan Google tempatnya meraih rating 4,3 dari total 2.510 pengguna.

Lokasi Warung Masduki berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 169, Kebulen, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

2. RM Sop Buntut Bu Leman 

Seperti namanya rumah makan ini menyediakan menu sop buntut yang khas dan populer di antara warga lokal. Diketahui tempat ini juga memiliki menu lain yang beragam seperti iga bakar, ayam goreng kampung, dan lain-lain.

Meskipun tampilan warungnya sederhana, RM Sop Buntut Bu Leman tidak pernah sepi dari pengunjung. Berdasarkan informasi dari ulasan Google tempatnya bahkan meraih rating 4,5 dari total 3,206 pengguna.

Lokasi RM Sop Buntut Bu Leman berada di Jalan Dokter Wahidin No.91 D, Noyontaan, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Kuliner Selanjutnya

Sepiring garang asem ayam
Sepiring garang asem ayam. (Liputan6.com/IG/banususanto)

3. Sego Kucing Jogja Pekalongan

Sego Kucing Jogja Pekalongan merupakan salah satu destinasi kuliner yang cukup populer dengan sajian menu yang beragam. Tempat ini memiliki menu paket makanan lengkap terdiri dari makanan dan minuman.

Selain itu, harga makanannya juga cukup terjangkau dengan sajian makanan mulai dari ayam kampung, cumi asam manis, nasi mercon, dan lain-lain. Melansir dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4,2 dari total 1.647 pengguna.

Sego Kucing Jogja Pekalongan berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No.55, Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

4. Garang Asem H. Masduki

Tempat makan ini populer dengan sajian garang asemnya yang merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Makanan ini memiliki isian daging dengan bumbu rempah hingga asam jawa.

Sajian makanan ini nikmat disantap bersama nasi hangat dan jadi sajian yang wajib dicoba ketika berada di Pekalongan. Mengutip dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4,4 dari total 1.964 pengguna.

Lokasi Garang Asem H. Masduki berada di Kompleks Travel, Jl. Alun-Alun Utara, Keputran, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 06.30 hingga 23.45 WIB.

Berikutnya

Menu Maksi: Gepuk Daging Sapi
Tak hanya ayam yang bisa digepuk, daging sapi pun bisa digepuk dan menjadikannya lezat

5. Soto Tauto Bang Dul Pekalongan

Soto Tauto merupakan sajian khas dan unik yaitu menu makanan soto dengan diberi tauco sehingga disebut dengan nama soto tauto. Tempat ini jadi makanan yang menarik untuk dicoba ketika mengunjungi Pekalongan.

Diketahui rasa makanan di tempat ini menjadi bervariasi mulai dari rasa gurih, manis, hingga asam. Berdasarkan informasi dari ulasan Google tempatnya meraih rating 4,5 dari total 1.729 pengguna.

Lokasi tempat makan ini berada di Jl. Dr. Setiabudi, Sokorejo, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 06.30 hingga 20.00 WIB.

6. Ayam Gepuk Super Lezat

Ayam Gepuk Super Lezat bisa menjadi destinasi kuliner berikutnya di kota Pekalongan. Sebab tempat ini menawarkan tidak hanya menu ayam gepuk tetapi juga menu makanan lain yang lebih bervariasi.

Melansir dari media sosial Instagramnya, Ayam Gepuk Super Lezat memiliki menu beragam seperti gurame goreng, ayam bakar, bebek cabe hijau, dan lain-lain. Melansir dari ulasan Google tempatnya mendapatkan rating 4,3 dari total 2.218 pengguna.

Lokasi Ayam Gepuk Super Lezat berada di Jl. Gajah Mada Bar., No.9, Tirto, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya