GTS Internasional Jalani Proses IPO, Ini Cara Pembelian Sahamnya

PT GTS Internasional Tbk telah menunjuk RHB Sekuritas Indonesia, PT Mirae Sekuritas Indonesia dan PT Reliance Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 19 Agu 2021, 17:13 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 17:12 WIB
FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Karyawan melihat layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Pada hari ini, IHSG melemah pada penutupan sesi pertama menyusul perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - PT GTS Internasional Tbk telah memperoleh izin publikasi atas pernyataan pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan akan segera mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perkiraan masa penawaran awal saham GTSI dijadwalkan akan berlangsung pada 19 Agustus hingga 25 Agustus 2021, dengan perkiraan tanggal efektif pada 31 Agustus 2021.

Dengan demikian, perkiraan penawaran umum akan berlangsung 2 - 6 September 2021 dan tanggal penjatahan pada 6 September. Sedangkan perkiraan penjatahan saham dan distribusi secara elektronik pada 7 September, kemudian pencatatan saham diperkirakan pada 8 September 2021.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi saham GTS Internasionaladalah RHB Sekuritas Indonesia, PT Mirae Sekuritas Indonesia dan PT Reliance Sekuritas Indonesia.

Untuk memperoleh informasi cara pemesanan, dapat mengunjungi laman https://gtsi.co.id/investors. Adapun pemesanan saham PT GTS Internasional dapat dilakukan melalui laman e-ipo.co.id. Caranya:

- Kunjungi laman www.e-ipo.co.id

- Klik menu ‘Register’- Masukkan email dan pilih jenis investor

- Isi data diri dan lampiran data identitas. Untuk WNI bisa gunakan KTP, sedangkan WNA bisa gunakan passport. Klik ‘Send’ dan ‘I Agree’

- Selanjutnya akan muncul Registration Detail, klik ‘Register’

- Klik authentication link yang dikirimkan ke email investor terdaftar

- Masukkan kode OTP, lalu buat kata sandi (password)

- Klik Broker untuk menambahkan Sekuritas, dan masukkan nomor SID

- Tunggu email berisikan verifikasi dari Broker

Tata cara pemesanan saham pooling di e-IPO:

- Untuk pemesanan fixed dapat langsung menghubungi Lead Underwriter

- Input pemesanan fixed di e-IPO hanya bisa dilakukan oleh Lead Underwriter dan yang dapat melakukan pemesanan fixed adalah nasabah di Lead Underwriter

Pemesanan pooling periode bookbuilding

Pada tahap bookbuilding, emiten mencari minat investor dengan memberikan kisaran harga yang dapat diterima oleh investor. Book Building bertujuan sebagai pertimbangan bagi emiten untuk menentukan jumlah saham dan harga final serta melanjutkan ke tahap berikutnya.

Masa bookbuilding berlangsung selama 7 sampai 21 hari kerja. Berikut cara melakukan pemesanan bookbuilding:

- Login melalui website e-ipo.co.id

- Pilih saham yang diinginkan, lalu klik ‘more info’

- Klik ‘Place Order’

- Isi e-form pemesanan. Pilih kisaran harga dan jumlah lot, lalu klik ‘Send’

- Masukkan kode OTP

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemesanan pooling periode penawaran umum

FOTO: Jelang Tutup, Nilai Perdagangan Saham Lebih dari Rp 7,7 Triliun
Pialang memantau jalannya perdagangan saham di galeri Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Sembilan sektor tercatat berkinerja baik dipimpin sektor finance yang melonjak 3,76 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada tahap penawaran umum atau offering, emiten sudah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK dan diperbolehkan melakukan penawaran umum kepada masyarakat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sudah menjadi final. Penawaran berlangsung paling lama 5 hari kerja. Pada masa ini, investor yang telah melakukan pemesanan bookbuilding wajib menyediakan dana sesuai dengan pesanan.

Jika memenuhi harga final, maka investor harus konfirmasi minat yang disampaikan pada masa bookbuilding untuk menjadi pesanan di masa offering. Cara melakukan konfirmasi adalah:

- Login melalui website e-ipo.co.id

- Pilih menu Active Orders, klik View

- Klik ‘I have already read the prospectus’

- Wajib sediakan dana sesuai dengan nominal order yang dikonfirmasi

Jika nasabah baru memesan saham di periode pooling, maka tata caranya sebagai berikut:

- Saat order investor sudah wajib menyediakan dana sesuai minimal order

- Login melalui website e-ipo.co.id- Pilih saham yang diinginkan, lalu klik ‘more info

- Klik ‘Place Order’

- Isi e-form pemesanan. Pilih kisaran harga dan jumlah lot, lalu klik ‘Send’

- Masukkan kode OTP

 

 


IPO

FOTO: IHSG Akhir Tahun Ditutup Melemah
Pengunjung melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pada penutupan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 0,95 persen ke level 5.979,07. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perseroan berencana menghimpun dana antara Rp 286 miliar – Rp 429 miliar melalui Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan menjual 2.860.000.000 saham baru.

Saham bernilai nominal Rp 50 per saham tersebut jumlahnya setara dengan 17,6 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah IPO.

Perseroan juga bermaksud untuk mencatatkan seluruh saham atas nama pemegang saham sebelum perusahaan go publik sebanyak 13.419.142.767 saham. Sehingga total saham yang dicatatkan Perseroan mencapai 16.279.142.767 saham.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya