Anak Usaha Surge Gandeng Mitsui Jajaki Rencana Bangun Serat Optik di Indonesia

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) berharap kolaborasi dengan Mitsui dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik di sepanjang rel kereta api.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 05 Nov 2021, 14:46 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2021, 09:01 WIB
Surge
Surge memberikan akses WiFi gratis di ruang publik (Foto: Surge)

Liputan6.com, Jakarta - PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE), anak usaha PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau disebut Surge menggandeng perusahaan infrastruktur global asal Jepang Mitsui & Co Ltd untuk mendorong pembangunan infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di Jawa.

PT Integrasi Jaringan Ekosistem dan Mitsui & Co Ltd teken nota kesepahaman (MoU) yang berisikan rencana kedua belah pihak untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan infrastruktur digital dan memfasilitasi kemungkinan investasi bersama.

Perseroan berharap kolaborasi ini dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik di sepanjang rel kereta api di berbagai lokasi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur serta keunggulan operasional untuk memberikan tingkat pelayanan yang kuat dan berkualitas tinggi kepada mitra. 

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Mitsui, salah satu perusahaan global terbesar dalam infrastruktur digital, dengan kredibilitas dan inovasi yang sudah tidak diragukan lagi,” ujar CEO Surge Hermansjah Haryono seperti dikutip dari keterangan tertulis, ditulis Jumat (5/11/2021).

Ia menambahkan, hal ini merupakan validasi atas misi dan model bisnis Surge di Indonesia untuk hadirkan konektivitas bagi masyarakat luas, terutama di kabupaten dan kota Tier-2 dan Tier-3 di Indonesia yang belum memiliki akses internet yang berkualitas dan terjangkau.

"Dari perspektif bisnis, karena sebagian jaringan serat optik telah hampir rampung, Weave juga terus mempersiapkan diri untuk menyediakan beragam solusi konektivitas, internet, edge data center, dan telekomunikasi," kata dia.

Ia menuturkan, pihaknya sedang berdiskusi secara intens dengan sejumlah calon pengguna dari perusahaan multinasional lainnya yang berbasis di kawasan industri Cikarang. 

Perseroan menyatakan sangat terbuka untuk kerjasama dengan berbagai pihak lain yang juga memiliki misi yang sama untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Adapun Mitsui merupakan perusahaan perdagangan dan investasi global dengan portofolio bisnis terdiversifikasi yang menjangkau sekitar 63 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Tengah & Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Oseania. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilar Bisnis Perseroan

Penggelaran fiber optik oleh Surge (Dok: Surge)
Penggelaran fiber optik oleh Surge (Dok: Surge)

Sebagai bagian dari tiga pilar bisnis Surge, Weave adalah neutral carrier provider & collaborator yang unik yang memberi nilai tambah pada konektivitas berkapasitas tinggi dan mendukung transformasi digital untuk ISP lokal dan bisnis data center di berbagai daerah di Indonesia.

 

Sejak akhir 2019, Surge melalui Weave memulai pembangunan serat optik di sepanjang rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepanjang 2.800 km atau lebih dari 580 stasiun yang terletak di 9 wilayah operasional PT KAI.

Pengembangan ini didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat, stabil dengan latency yang rendah di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth sangat besar, sampai dengan 15.000 Gbps.

Kapasitas bandwidth sebesar ini dihadirkan berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan Surge dengan PT KAI dengan memperkirakan kebutuhan bandwidth di Indonesia 10 tahun mendatang berdasarkan multiple point of presence (MPOP), yakni setiap kota dan stasiun yang dilewati di Pulau Jawa dan Sumatera. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya