Diduga Penipuan Investasi Bodong Alat Kesehatan Rp 1,2 Triliun

Ramai di media sosial mengenai dugaan penggelapan investasi alat kesehatan. Sejumlah korban buka suara.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Des 2021, 09:05 WIB
Diterbitkan 14 Des 2021, 09:05 WIB
Ilustrasi Investasi bodong
Ilustrasi Investasi bodong (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah korban investasi suntik modal buka suara. Kerugian dari dugaan investasi bodong itu ditaksir mencapai Rp 1,2 triliun.

Dalam video yang diunggah oleh Nicko Rachman dengan nama pengguna @NickoRachman pada media sosial twitter, memperlihatkan pertemuan antara terduga pelaku dengan para korbannya. Nicko sendiri mengaku juga sebagai korban dengan kerugian sekitar puluhan juta.

"Btw gw korban juga, untungnya nominalnya cuma puluhan juta. soalnya banyak temen2 lain sampe 1-5M bahkan ada yang 20M,” demikian dikutip Selasa (14/12/2021) dan sudah dikonfirmasi kepada pemilik akun untuk dikutip.

“Saya korban juga, untung nominalnya hanya puluhan juta. Soalnya banyak teman-teman lainnya bisa Rp 1 miliar sampai Rp 5 miliar, bahkan ada yang Rp 20 miliar," ujar dia.

Di awal utasnya, Nicko menyebutkan total kerugian mencapai Rp 1,2 triliun. Sementara aset yang berhasil disita saat ini mencapai Rp 36 miliar.

“Posisi pelaku saat ini kabur dan masih buron!” cuit Nicko.

Terduga pelaku, yakni DR mengakui ada kecurangan dalam investasi yang ia tawarkan. Mulanya, DR menawarkan suntik modal untuk proyek alat pelindung diri (APD). Melihat keuntungan yang besar, ia akhirnya memiliki inisiatif untuk membuka slot suntik modal untuk proyek fiktif.

“Kesalahan saya adalah membuat proyek yang pada akhirnya saya juga (berpikir), oh ini ada open APD. Kenapa nggak saya coba open yang lain,” kata DR.

Merujuk pada pengakuannya, modus investasi yakni memberikan iming-iming keuntungan bagi investor. Keuntungan yang dibagikan itu berasal dari investor baru, atau biasa dikenal dengan skema ponzi.

Berdasarkan hasil penelusuran Liputan6.com, DR bukan kali pertama melancarkan aksinya. Masih dalam utas yang sama, Nicko membeberkan salah satu korban DR dari jenis penipuan berbeda, yakni arisan online. Kerugian dari arisan online disebutkan mencapai hampir Rp 1 miliar pada 2019.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Satgas Waspada Investasi: Imbal Hasil Suntik Modal Alkes Tidak Rasional

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing.
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing.

Sementara itu, Kepala Satgas Waspada Inestasi (SWI) OJK Tongam L.Tobing menuturkan, pihaknya belum menerima laporan dugaan penipuan suntik modal alat kesehatan kepada Satgas Waspada Investasi.

“Laporan ke Satgas Waspada Investasi belum,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, pihaknya melihat penawaran investasi tersebut ilegal. “Tidak memiliki izin kegiatan usaha dan juga memberikan imbal hasil yang tidak rasional yaitu mencapai 14 persen per 2 minggu-4 minggu,” kata dia.

Tongam meminta masyarakat yang menjadi korban untuk segera lapor ke polisi.  Selain itu, Satgas Waspada Investasi juga imbau masyarakat untuk cerdas berinvestasi dengan cek 2L terhadap penawaran investasi. “Cek legalitas dan logisnya atau rasional imbal hasil,” kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya