Sheikh Jassim Dikabarkan Ambil Alih Manchester United, Saham MU Melambung

Bankir dari Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani diisukan berhasil akuisisi Manchester United (MU) dari keluarga Glazer. Isu tersebut membawa saham MU melonjak pada pra perdagangan saham.

oleh Agustina Melani diperbarui 13 Jun 2023, 19:45 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 19:45 WIB
Sheikh Jassim, Anak Mantan PM Qatar yang Resmi Tawar Manchester United
Saham Manchester United melonjak hampir 20 persen saat pra perdagangan pada Selasa, 13 Juni 2023.(AFP/Gabriel Bouys)

Liputan6.com, Jakarta - Saham Manchester United (MU) melonjak hampir 20 persen saat pra perdagangan pada Selasa, 13 Juni 2023. Lonjakan saham Manchester United tersebut setelah kabar menyebutkan Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dari Qatar mungkin akan berhasil untuk mengambilalih Manchester United.

Dikutip dari Yahoo Finance, Selasa pekan ini yang melansir surat kabar Al-Watan menyebutkan, kalau bakal ada pengumuman Sheikh Jassim siap mengambil alih Manchester United.

Manchester United tidak menanggapi permintaan Reuters mengenai kabar pengambilalihan tersebut. Pada pra perdagangan, saham Manchester United naik 16,74 persen menjadi USD 23,50. Di pasar regular, saham Manchester United menguat 3,98 persen ke posisi USD 20,13.

Daily Mail melaporkan Sheikh Jassim telah membuat tawaran kelima dan terakhir dengan nilai lebih dari 5 miliar pound sterling (USD 6,28 miliar). Nilai pengambilalihan itu sekitar Rp 93,38 triliun (asumsi kurs 14.869 per dolar Amerika Serikat). Tawaran tersebut dilayangkan setelah miliarder Inggris Jim Ratcliffe dilaporkan mengalahkan Sheikh Jassim pada April 2023.

Saham Manchester United yang tercatat di Bursa Efek New York telah merosot hampir 14 persen pada 2023. “Batas waktu terbaru untuk menyelesaikan tawaran Sheikh Jassim berakhir pada Jumat pekan ini, tetapi tidak ada pengumuman resmi yang dibuat.

Pemilik Manchester United saat ini, keluarga Glazer dilaporkan mencari 6 miliar pound sterling atau USD 7,5 miliar (Rp 111,52 triliun). Penawaran itu akan menjadi rekor dunia untuk klub olah raga.

Keluarga Glazer mencatatkan saham MU di Bursa Efek New York sekitar 2012. Sebelumnya, jumlah saham MU yang dijual 16,7 juta saham. Harga saham MU saat itu dijual USD 14. Angka ini dibawah harga saham perdana yang diharaplan USD 16-USD 20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kekayaan Sheikh Jassim

Sheikh Jassim, Anak Mantan PM Qatar yang Resmi Tawar Manchester United
Sheikh Jassim Bin Hamad Al-Thani dari Qatar tiba untuk pengundian final turnamen sepak bola Piala Dunia FIFA 2018 di Istana Negara Kremlin di Moskow pada 1 Desember 2017. Anak mantan perdana menteri Qatar, Syekh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani merupakan penggemar MU sejak 1992. (AFP/Yuri Kadobnov)

Sebelumnya,  Al Thani mengaku sebagai penggemar Manchester United seumur hidup. Pria berusia 44 tahun ini Chairman Qatar Islamic Bank, salah satu bank terbesar di Qatar dan dilaporkan memiliki kekayaan bersih USD 1,3 miliar.

Mengutip Manchesterworld.uk, ia memiliki hubungan mendalam dengan Inggris setelah dididik di Royal Military Academy Sandhurst dan International College, Sherborne School di Dorset.

Selain sebagai Chairman QIB, Sheikh Jassim juga presiden kehormatan Qatar National Cancer Society (QNCS). Ia menikah dengan sepupunya Sheikha Bothaina binti Hamad Al Thani dan memiliki delapan anak.

Ia putra mantan perdana menteri Qatar Hamad bin Jassim Al Thani yang juga dikenal sebagai HBJ. Ia anggota keluarga keluarga kerajaan Qatar. Forbes perkirakan, ia memiliki kekayaan bersih USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 19,73 triliun.

Sebagai bagian dari keluarga kerjaan Qatar yang berkuasa diklaim mereka memiliki kekayaan bersih kolektif sekitar USD 335 miliar atau sekitar Rp 5.085 triliun. Kepala Keluarga Kerajaan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani diperkirakan memiliki kekayaan sekitar USD 2 miliar atau sekitar Rp 30,36 triliun.

 


Ingin Beli Saham Manchester United

Sheikh Jassim, Anak Mantan PM Qatar yang Resmi Tawar Manchester United
Sheikh Jassim Bin Hamad Al-Thani (Tengah) dan Sheikh Joaan bin Hamad Al-Thani (kanan) dari Qatar menghadiri pengundian final turnamen sepak bola Piala Dunia FIFA 2018 di Istana Negara Kremlin di Moskow pada 1 Desember 2017. Sheikh Jassim, yang merupakan pemimpin Qatar Islamic Bank mengajukan penawaran untuk membeli Manchester United lewat yayasannya yang bernama Nine Two Foundation. (AFP/Yuri Kadobnov)

Sebelumnya, dua investor tampaknya serius mengambilalih klub sepak bola Manchester United. Hal ini setelah investor Qatar yang juga seorang bankir yakni Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani resmi mengajukan penawaran beli Manchester United (MU).

Bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani telah konfirmasi mengajukan tawaran untuk mengambil alih klub sepak bola Manchester United.

Dikutip dari Manchester Evening News.com, ditulis Minggu (19/2/2023), pengumuman penawaran tersebut diumumkan tak lama setelah jam 8 malam pada Jumat, 17 Februari 2023, kurang dari dua jam sebelum tenggat waktu jam 10 malam untuk penawar. Chairman Qatar Islamic Bank (QIB), bank terbesar di Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani telah mengajukan penawaran. Ia bergabung dengan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Manchester United dari keluarga Glazer.

“Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani hari ini konfirmasi pengajuan tawarannya untuk 100 persen saham klub sepak bola Manchester United,” demikian dari pernyataan konfirmasi tawaran tersebut.

“Tawaran tersebut untuk mengembalikan klub ke masa kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan, dan di atas segalanya akan berusaha untuk menempatkan penggemar di jantung klub sepak bola Manchester United (MU) sekali lagi,"

Adapun tawaran ini akan dilakukan melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim dan benar-benar bebas utang. Ia akan investasi di tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar dan komunitas yang didukung klub.

Selain itu, miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe dan perusahaan petrokimia Ineos telah konfirmasi tawaran untuk kepemilikan mayoritas di Manchester United.

 

Infografis Nemanja Matic
Infografis Nemanja Matic sebelum berkostum Manchester United (MU)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya