BEI Pelototi Saham MARI, Efek Kabar Erick Thohir Jadi Cawapres?

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 20 Oktober 2023, saham MARI turun 2,29 persen ke posisi Rp 128 per saham.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 20 Okt 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2023, 16:29 WIB
BEI Pelototi Saham MARI, Efek Kabar Erick Thohir Jadi Cawapres?
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengawasi saham emiten terafiliasi Menteri BUMN Erick Thohir, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) akibat bergerak tidak wajar secara signifikan.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengawasi saham emiten terafiliasi Menteri BUMN Erick Thohir, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) akibat bergerak tidak wajar secara signifikan. Harga saham MARI mengalami peningkatan di luar kebiasaan (Unusual Market Activity).

"Dalam rangka perlindungan Investor, dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tulis Manajemen BEI, ditulis Jumat (20/10/2023). 

Meski demikian, pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Adapun informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi pada 6 Oktober 2023 yang dipublikasikan melalui website PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek.

"Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham MARI tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," tulisnya. 

Oleh karena itu para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa. Kemudian, mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Selain itu, investor perlu mengkaji kembali rencana aksi korporasi (corporate action) perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 20 Oktober 2023, saham MARI turun 2,29 persen ke posisi Rp 128 per saham. Saham MARI dibuka naik empat poin ke posisi Rp 135 per saham. Saham MARI berada di level tertinggi Rp 139 dan terendah Rp 121 per saham. Total frekuensi perdagangan 41.353 kali dengan volume perdagangan 14.138.887 saham. Nilai transaksi Rp 185,4 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saham Terkait Erick Thohir Kembali Melambung saat IHSG Tertekan

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Karyawan melihat layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Pada hari ini, IHSG melemah pada penutupan sesi pertama menyusul perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya diberitakan, saham-saham yang berkaitan dengan Menteri BUMN Erick Thohir kembali lanjutkan penguatan pada perdagangan Kamis, 19 Oktober 2023. Saham-saham tersebut menguat seiring nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mencuat sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Erick Thohir merupakan pengusaha sebelum menjadi Menteri BUMN. Ada sejumlah perusahaan terafiliasi dengannya yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten itu antara lain PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI).

Dikutip dari data RTI, Kamis (19/10/2023) pukul 10.00 WIB, saham afiliasi dengan Erick Thohir yakni saham ABBA naik 7,5 persen ke posisi Rp 86 per saham. Saham ABBA dibuka naik tujuh poin ke posisi Rp 87 per saham. Saham ABBA berada di level tertinggi Rp 88 dan terendah Rp 84 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 2.809 kali dengan volume perdagangan 12.919.988 saham. Nilai transaksi Rp 11,1 miliar.

Sementara itu, saham MARI melambung 14,15 persen ke posisi Rp 121 per saham. Saham MARI dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 116 per saham. Saham MARI berada di level tertinggi Rp 132 dan terendah Rp 110 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 32.255 kali dengan volume perdagangan 10.490.139 saham. Nilai transaksi Rp 127,8 miliar.

 


Penguatan Saham ABBA dan MARI

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Karyawan berjalan di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Indeks acuan bursa nasional tersebut turun 96 poin atau 1,5 persen ke 6.317,864. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penguatan saham ABBA dan MARI terjadi di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang memerah. IHSG melemah 0,76 persen ke posisi 6.873. Pada sesi pertama, IHSG berada di level tertinggi 6.927,98 dan terendah 6.866.

Sebanyak 340 saham melemah sehingga menekan IHSG. 146 saham menguat dan 197 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan 631.800 kali dengan volume perdagangan 9,2 miliar saham. Nilai transaksi Rp 4 triliun.

Pada penutupan perdagangan Rabu, 18 Oktober 2023, saham MARI meroket 34,18 persen ke posisi Rp 106 per saham. Nilai transaksi Rp 91,83 miliar dan volume perdagangan 965,4 juta saham. Total frekuensi perdagangan 23.444 kali.

Sedangkan saham ABBA menguat 9,59 persen ke posisi Rp 80 per saham. Saham ABBA mencatatkan nilai transaksi Rp 80 per saham. Total volume perdagangan saham 120,21 juta saham. Total frekuensi perdagangan 2.260 kali.

Update

Founder WH Project menuturkan, kenaikan harga saham ABBA dan MARI seiring spekulasi karena Erick Thohir bakal jadi cawapres. Ia menuturkan, penguatan harga saham ABBA dan MARI hanya sementara. "Menurut saya sementara, malah bisa lebih cepat jika teryata isu tersebut tidak tepat,” tutur dia saat dihubungi Liputan6.com.

 


Erick Thohir Buat SKCK, Maju Jadi Cawapres?

Menteri BUMN Erick Thohir Evaluasi Kinerja Kerja dengan DPR
Menteri BUMN RI Erick Thohir mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Senin (5/12/2022). Rapat kerja membahas evaluasi pelayanan dan pencapain kinerja Kementerian BUMN RI Tahun 2022 serta rencana aksi pembinaan BUMN Tahun 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dikutip dari Kanal Pemilu Liputan6.com, Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan telah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Hal itu dibenarkan pihak Mabes Polri.

“Yang ngambil stafnya. Kemarin, sama stafnya,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu, 18 Oktober 2023.

Meski demikian, pihak kepolisan tak menjelaskan secara rinci apa keperluan Ketua Umum PSSI itu membuat SKCK. Tapi diketahui, surat tersebut menjadi salah satu syarat adminitrasi seseorang untuk maju sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Diketahui, Erick Thohir menjadi salah satu kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

Sebelumnya,, Erick Thohir melalui akun IG @erickthohir mengunggah fotonya bersama Prabowo. Hal itu disambut dengan komentar dari netizen.

Netizen menganggap pasangan Prabowo-Erick Thohir bisa mendinginkan panasnya suasana politik.

Dalam akun tersebut, Erick Thohir mengunggah foto dirinya bersama dengan Prabowo Subianto, yang disertai dengan caption "Selamat ulang tahun, Pak @Prabowo. Terus bekerja dan berkarya untuk Indonesia".

Unggahan Erick Thohir ini sebenarnya merupakan ucapan selamat untuk Prabowo Subianto yang merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada 17 Oktober. Namun netizen menanggapinya dengan sangat beragama. Salah satunya mengomentari dengan pernyataan ‘Adem’.

Pernyataan ‘Adem’ ini bisa jadi merujuk pada situasi ‘panas' yang terjadi pascaputusan MK. Komentar ‘adem’ dari netizen di unggahan foto Prabowo-Erick dianggap mendinginkan suasana yang sedang memanas.

Selain ‘adem’ sejumlah netizen juga mengomentari unggahan itu, dengan menyebut Prabowo-Erick Thohir sebagai pasangan yang cocok. Seperti komentar @ekha8915: Cocoklah, @my_kinan: RI 1&RI 2 2024-2029, @solehhasan: Cocok!, dan sebagainya.

 

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya