Mengintip Kinerja BUMN Anggota MIND ID, Siapa Paling Moncer?

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mencatatkan kinerja positif pada semester I/2024 didukung oleh produksi komoditas pertambangan yang dikelola anggota grup dan peningkatan harga komoditas di pasar global

oleh Septian Deny diperbarui 02 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 06:00 WIB
Salah satu proyek MIND ID strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024. (dok Mind Id)
Salah satu proyek MIND ID strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024. (dok Mind Id)

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mencatatkan kinerja positif pada semester I/2024 didukung oleh produksi komoditas pertambangan yang dikelola anggota grup dan peningkatan harga komoditas di pasar global

Kinerja positif tersebut juga diperkuat dengan strategi MIND ID menjalankan smart operation melalui automasi, digitalisasi dan inovasi demi menciptakan efisiensi dari sisi operasional.

Adapun strategi pemasaran Centralized Commercial Function (CCF) untuk mengintegrasikan penjualan di pasar ekspor seluruh Anggota Grup MIND ID juga semakin memberi peningkatan kinerja yang positif pada paruh pertama tahun ini.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa kinerja holding cukup positif pada paruh pertama 2024 tercermin dari laba bersih yang mencapai 38 persen year on year (YoY) serta EBITDA tumbuh sekitar 31 persen dibandingkan dengan semester I/2023.

“Pencapaian ini didorong oleh kinerja seluruh komoditas kelolaan khususnya emas, tembaga, timah, batu bara, dan aluminium yang sangat positif di tahun 2024,” katanya dalam keterangan resmi.

Pertumbuhan produksi sejumlah komoditas kritis dan strategis ini didukung oleh peningkatan harga komoditas di pasar global. MIND ID melalui Anggota Holding meningkatkan kinerja operasional termasuk dari sisi peningkatan produksi komoditas pertambangan dan turunannya.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, memproduksi logam emas dari tambang perusahaan sebesar 439 kg, feronikel (TNi) 10.169 ton, serta 4,19 juta wet metric ton (wmt) bijih nikel pada semester I/2024.

Begitu juga PT Timah Tbk (TINS) yang turut mencatat kinerja moncer dengan produksi bijih timah sebesar 10.250 ton atau naik 32 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 7.755 ton. Adapun, produksi logam PT Timah naik 19 persen menjadi 9.675 ton pada semester I/2024, dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 8.100 ton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukit Asam

PT Bukit Asam Tbk bagian dari Holding industri pertambangan Indonesia (MIND ID). (Foto: MIND ID)
PT Bukit Asam Tbk bagian dari Holding industri pertambangan Indonesia (MIND ID). (Foto: MIND ID)

Kinerja positif juga diraih oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang membukukan produksi batu bara pada paruh pertama sebesar 18,8 juta ton. Perusahaan turut mencatat penjualan hingga 20,1 juta ton, naik 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 17,4 juta ton.

Kondisi serupa juga diperoleh PT Freeport Indonesia. PTFI mencatatkan peningkatan produksi tembaga hingga 932 juta pound. Volume ini bertumbuh 26,8 persen dari periode sama pada 2023 di level 735 juta pound.

Tidak hanya itu, PTFI turut meningkatkan produksi emas pada paruh pertama tahun ini yakni 982.000 ounces, naik 11,46 persen dibandingkan dengan capaian pada semester I/2023.

 


Pertumbuhan Kinerja

Inalum bagian dari holding pertambangan MIND ID. (Foto: Mind ID)
Inalum bagian dari holding pertambangan MIND ID. (Foto: Mind ID)

Senada, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) juga membukukan pertumbuhan kinerja operasional dengan memproduksi 34.775 ton nikel dalam matte. Realisasi ini tumbuh 3 persen dibandingkan dengan periode sama 2023 yakni 33.691 ton. Realisasi ini didukung oleh peningkatan produktivitas tanur dan durasi pemeliharaan yang singkat.

Hendi menuturkan bahwa MIND ID terus berupaya untuk terus meningkatkan kinerja termasuk dengan mengendalikan biaya operasi hingga struktur biaya produksi. Langkah ini diambil untuk menjaga kinerja positif yang diraih sejak beberapa tahun terakhir.

“Kami terus berupaya menjaga kinerja perseroan dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi sehingga menciptakan efisiensi operasional perusahaan,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya