Meninggalnya Dorce Gamalama Diberitakan Media Internasional

Kabar Dorce Gamalama meninggal diberitakan media Inggris.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 20 Feb 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2022, 14:00 WIB
Dorce Gamalama
[Foto: Instagram YouTube Denny Sumargo]

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Dorce Gamalama tak hanya diberitakan media lokal, tapi juga internasional. Kabar duka ini dimuat situs berita Inggris, Pinknews.

Media tersebut memberitakan kematian Dorce pada 17 Februari 2022 dengan judul "Trailblazing trans woman Dorce Gamalama buried ‘as a man’ after family ignored her last wishes".

Pinknews memberitakan Dorce Gamalama meninggal di usia 58 tahun akibat Covid-19. Dia juga menderita komplikasi penyakit alzheimer dan diabetes.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Transgender

[Fimela] Dorce Gamalama
Dorce Gamalama (Budy Santoso/KapanLagi.com)

Dorce Gamalama menjadi transgender secara terbuka selama beberapa dekade, setelah menjalani operasi pada 1983. Pinknews mengutip wawancara Dorce sebelum meninggal.

"Saya ingin dimakamkan seperti saya sekarang. Karena setelah operasi saya, saya memiliki alat kelamin wanita, jadi wanita harus memandikan saya, dan memandikan dan mengubur saya sebagai seorang wanita," tuturnya sebelum wafat.

 


Laki-Laki

Dorce Gamalama
[Foro: pinknews.co.uk]

Terlepas dari keinginan terakhirnya, keluarga dan pemimpin agama memutuskan bahwa dia harus dimandikan serta dikuburkan sebagai laki-laki.

 


Meninggal

Diketahui Dorce Gamalama meninggal setelah dinyatakan positif Covid-19. Dirawat intensif di RSPP Simprug Jakarta, presenter Dorce Show sempat tak sadarkan diri selama 10 hari sebelum mengembuskan napas terakhir.

Jenazah Dorce Gamalama dimakamkan di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022), satu liang lahad dengan sepupunya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya