Kanker Kiki Fatmala Sebesar Handphone, Hampir Menutupi Saluran Pernapasan

Kiki Fatmala buka kartu soal ukuran kanker sebesar handphone yang menutupi saluran pernapasan bagian kanan. Ia bersyukur masih bisa bernapas hingga kini.

oleh Wayan Diananto diperbarui 14 Mei 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2022, 16:00 WIB
Kiki Fatmala
Kiki Fatmala membeberkan kanker sebesar handphone yang pernah bersemayam di tubuhnya. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)

Liputan6.com, Jakarta Masih segar dalam ingatan Kiki Fatmala saat tahu hasil pap scan menunjukkan ia mengidap kanker paru-paru stadium 4. Sang aktris dan suami menangis 2 hari hingga mata bengkak. Mereka mulai membahas banyak hal dari metode pengobatan kanker, lokasi kuburan, hingga warisan.

Sejak itu, bintang film Misteri Permainan Terlarang dan Gairah Yang Nakal dibayangi ketakutan. Kiki Fatmala kemudian mendekat kepada Tuhan. Dalam doa ia mengakui kesalahan.

“Cuma itu yang bikin aku jadi kuat. Hanya berdoa, meminta, memohon. Minta kesembuhan, hanya berdoa minta maaf kepada Tuhan atas kesalahan-kesalahan yang pernah aku perbuat,” katanya.

Dalam doa, Kiki Fatmala merendahkan diri di hadapan Tuhan. Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Jumat (13/5/2022), Kiki Fatmala mengaku ukuran kanker di tubuhnya sebesar ponsel dan menutupi saluran pernapasan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Menutupi Saluran Pernapasan

Kiki Fatmala dan Maia Estianty. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)
Kiki Fatmala dan Maia Estianty. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)

“Dan aku juga tahu, setiap manusia dalam hidup pasti ada pencobaan. Pencobaan itu Tuhan izinkan. Tuhan sudah izinkan pencobaan itu ada pada kita. Aku enggak marah, aku enggak kesal,” Kiki Fatmala menyambung.

“Aku cuma banyak mengucap syukur karena pagi-pagi aku masih bisa napas. Bangun pagi, yang kata dokter, kanker aku tuh besarnya sudah sebesar handphone ada di belakang, yang hampir menutupi saluran pernapasan,” urainya.


Sebesar Ponsel

Kiki Fatmala dan Maia Estianty. (Foto: Dok. Instagram @qq_fatmala)
Kiki Fatmala dan Maia Estianty. (Foto: Dok. Instagram @qq_fatmala)

Mengetahui kankernya sebesar ponsel pintar, Kiki Fatmala lemas. Dengan pembengkakan sebesar ini, mestinya bintang sinetron Mariam Si Manis Jembatan Ancol tak bisa bernapas lagi.

“Seharusnya aku tuh enggak bisa napas. Di belakang sebelah kanan, ya sebesar handphone. Enggak (ada gejala sama sekali),” Kiki Fatmala membeberkan. Ada pula yang bilang, usianya tinggal enam bulan. 


Kasih Karunia Tuhan

Kiki Fatmala.
Kiki Fatmala menceritakan kali pertama mendengar vonis kanker paru-paru stadium 4. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)

Setengah tahu lewat sudah. Kiki Fatmala masih sehat. “Bersyukur umur semua di tangan Tuhan. Apa yang kita pikirkan bukan yang Tuhan pikirkan. Sekarang, aku masih ada saat ini. Semua karena kasih karunia Tuhan,” ia mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, Kiki Fatmala menjalani enam sesi kemoterapi. Dokter menyebut kini status sel kanker di tubuhnya nonaktif. Kiki Fatmala lega namun tetap waspada dengan menjalani pola hidup sehat.

Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok (Liputan6.com / Abdillah)
(Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya