Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Tiba di Bandara Soetta, Langsung Dibawa Keluarga Menuju Bandung

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) sore.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 12 Jun 2022, 17:50 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2022, 17:50 WIB
Potret terakhir Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diabadikan Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CersP0bFK4F/)
Potret terakhir Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diabadikan Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CersP0bFK4F/)

Liputan6.com, Jakarta - Selama 17 jam mengudara, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil, tiba di bandara Soekarno Hatta. Jenazah Eril dibawa ke Tanah Air menggunakan pesawat Qatar Airways.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah masyarakat ingin mengabadikan peristiwa datangnya jenazah anak Ridwan Kamil tersebut. Ridwan Kamil sampai mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan media yang ikut melepas Eril.

Usai mengucapkan terima kasih, Ridwan Kamil bergegas menuju mobil jenazah. Seperti diketahui, dua buah ambulans disiagakan di depan pintu masuk kargo jenazah. Ambulans pertama berwarna silver, yang kedua berwarna hitam.

Tak lama, istri Ridwan Kamil dan putrinya, juga datang. Pukul 15.38 WIB, keluarga diizinkan masuk ke Kargo Jenazah. Jenazah Eril diangkut dengan mobil hitam yang dilengkapi karangan bunga putih di bagian depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Perlakuan Khusus

Suasana Kargo Bandara Soetta Jelang Kedatangan Jenazah Eril
Suasana kargo jenazah saat menunggu kedatangan Jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2022). Jenazah yang bertolak dari Bern, Swiss, akan tiba sekitar pukul 15.45 WIB dengan pesawat Qatar Airways QR 95. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keluarga Ridwan Kamil menegaskan tak ada perlakuan khusus dalam serah terima jenazah Eril.  Ridwan Kamil dan keluarga mempersilakan masyarakat bertakziah untuk Eril di Gedung Pakuan mulai dari Minggu (12/6/2022) pukul 22.00 WIB hingga, Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00 WIB.

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, juga meminta maaf kepada masyarakat. Sebab, kata dia, pelaksanaan penjemputan hingga pemakaman Eril, akan mengganggu kegiatan masyarakat.

"Mohon maaf apabila nanti pada pelaksanaannya ada kegiatan warga yang terdampak, baik sisi traffic maupun dari sisi situasi di lokasi," ujar Elpi, di Cargo Jenazah Soetta, Minggu (12/6/2022).

 

 


Dihadiri Sejumlah Menteri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya saat menjemput jenazah sang putra Eril
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya saat menjemput jenazah sang putra Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Minggu (12/6/2022). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sebelumnya, Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta tak hanya dipenuhi oleh polisi, TNI, petugas bandara, dan keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan menjemput jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

 

Sejumlah menteri disebut datang ke Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta. Diantaranya adalah Menteri BUMN Erick Tohir tiba, Mensesneg Pratikno, Menko PMK Muhadjir Efendi dan Ketum PSSI M. Iriawan.

“Tadi di dalam kami bertemu di antaranya, Pak Menko Muhadjir, Menyeri Erick, Menyeri Teten, Mensesneg Pratikno, Ketua PSII Iriawan, kemudian Anindya Bakrie, Wali Kota Tangerang Bapak Zacky, itu mihon maaf bila ada yang terlewat,” kata Paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, Minggu (12/6/2022).

 


Dipenuhi Karangan Bunga

Suasana Kargo Bandara Soetta Jelang Kedatangan Jenazah Eril
Petugas kepolisian berjaga jelang kedatangan Jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2022). Jenazah Eril dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hari ini. 95. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, suasana di Kargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta sudah dipenuhi oleh karangan bunga belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Minggu (12/6/2022).

Terpantau, ada lima karangan bunga belasungkawa yang mayoritas berasal dari PT Angkasa Pura dan anak grupnya. Sementara di halaman kargo jenazah, dipasang tenda putih untuk tempat awak media dan pelayat lainnya.

Petugas kargo dan petugas Kepolisian sudah bersiaga di sekitar kargo jenazah. Ada sekitar dua mobil pribadi yang parkir di lokasi kargo, kemudian sejumlah orang memakai baju hitam, masuk ke dalam.

Salah seorang petugas menuturkan, bila mereka adalah keluarga almarhum yang ingin menerima jenazah Eril hingga ke Bandung Jawa Barat.

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya