Najwa Shihab Kritik Pemerintah Soal Data Bocor, Sebut Malaysia Minta Maaf Untuk Kembalikan Kepercayaan Publik

Najwa Shihab melontar kritik pedas terkait kebocoran data yang berkali terjadi di Indonesia dan Pemerintah belum minta maaf kepada masyarakat.

oleh Wayan Diananto diperbarui 16 Sep 2022, 15:44 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 11:30 WIB
Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab melontar kritik pedas terkait kebocoran data yang berkali terjadi di Indonesia dan Pemerintah belum minta maaf kepada masyarakat. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Liputan6.com, Jakarta Najwa Shihab melontar kritik setajam celurit terkait kebocoran data yang berkali terjadi di Indonesia termasuk kasus hacker Bjorka. Diduga, ada 1,3 miliar nomor kartu SIM yang terekspos dan ini butuh penanganan serius.

Tuan rumah Mata Najwa lantas membandingkan bagaimana sejumlah negara tetangga menangani kasus data pribadi bocor termasuk minta maaf kepada rakyat yang dirugikan karena tak dilindungi.

Kritik Najwa Shihab dituang di akun Instagram terverifikasi pada 13 September 2022 seraya mengunggah video kolase seputar kebocoran data pribadi yang meresahkan publik.

Pembocoran data juga terjadi di luar negeri. Penanganannya? Bukan dengan saling bantah tapi dengan langkah konkrit pengamanan dan pemulihan, juga dengan MEMINTA MAAF,” tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pada 2017

Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Kata meminta maaf ditulis Najwa Shihab dengan huruf kapital sebagai kritik keras karena Pemerintah Indonesia dinilai belum melakukannya. Ia lantas membandingkan dengan kasus di Malaysia.

Pada 2017, Malaysia mengalami kebocoran data 46,2 juta pelanggan dari 12 operator seluler. Data yang bocor berisi tanggal lahir, nomor KTP, nomor ponsel, alamat email, hingga password,” cuit Najwa Shihab.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


1,3 Miliar

Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Mirip dengan yang kita alami sekarang dengan jumlah yang lebih besar, diduga 1,3 miliar nomor kartu SIM,” presenter dengan 21 jutaan pengikut di Instagram itu menyambung.

Masih menurut Najwa Shihab, Pemerintah Malaysia kala itu minta maaf kepada rakyat. Permintaan maaf penting untuk mengembalikan kepercayaan publik bahwa negara berkomitmen memberi rasa aman.


Malaysia Langsung Minta Maaf

Unggahan Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)
Unggahan Najwa Shihab. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Pemerintah Malaysia langsung meminta maaf untuk mengembalikan kepercayaan publik, membentuk tim untuk memastikan data yang tersebar tidak lagi bisa diunduh orang dan menyelidiki peretasan itu,” Najwa Shihab mengingatkan.

Ia pun mengutip pernyataan Direktur Eksekutif Safenet Damar Juniarto, “Kenapa tidak meniru hal seperti itu, daripada sibuk lempar tanggung jawab?” Najwa Shihab pun bertanya, “Kenapa oh kenapa...

Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya