Data Kate Middleton Dikabarkan Hendak Diintip Staf RS Secara Ilegal, Langsung Diinvestigasi

Diwartakan bahwa setidaknya seorang staf rumah sakit tempat Kate Middleton menjalani operasi perut, mencoba mengakses catatan medis istri Pangeran William ini secara ilegal.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 21 Mar 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2024, 12:00 WIB
Kate Middleton. (AP Photo/Kin Cheung, Pool, File)
Kate Middleton. (AP Photo/Kin Cheung, Pool, File)

Liputan6.com, London - Lagi-lagi muncul kabar kurang mengenakkan soal Kate Middleton. Kali ini, soal data mengenai kondisi kesehatannya yang hendak diintip secara ilegal. Dilansir dari People, Kamis (21/3/2024), media Inggris The Mirror mewartakan bahwa setidaknya satu orang staf di The London Clinic di Marylebone, London, mencoba mengakses catatan medis istri Pangeran William ini secara ilegal.

Dikabarkan pula bahwa pihak rumah sakit langsung membuka investigasi mengenai insiden ini.

Sekadar informasi, The London Clinic adalah tempat Kate Middleton menjalani operasi perut pada Januari lalu.  

Istana Kensington yang dihubungi media, menyatakan hal ini bukan wewenangnya. “Ini adalah urusan The London Clinic,” kata juru bicara istana.

Sementara pihak rumah sakit menyatakan pihaknya sangat menjunjung tinggi kerahasiaan data pasiennya. “Semua orang di The London Clinic sangat paham kewajiban individu, profesional, etika, dan hukum terkait kerahasiaan pasien. Kami sangat bangga dengan perawatan dan kebijakan yang ingin kami berikan kepada semua pasien yang menaruh kepercayaan mereka kepada kami,” begitu pernyataan Al Russell, CEO The London Clinic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasti Ada Tindakan Disipliner Bila Ada Pelanggaran

Kate Middleton
Kate Middleton. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Meski tak membantah atau mengiyakan laporan mengenai dugaan akses data Kate Middleton secara ilegal, pihak rumah sakit menegaskan akan menegakkan aturan bila terjadi pelanggaran.

“Kami memiliki sistem untuk memantau pengelolaan informasi pasien, dan jika terjadi pelanggaran, semua langkah investigasi, tata tertib, dan tindak disipliner yang sesuai akan diambil. Tidak ada tempat di rumah sakit kami bagi mereka yang dengan sengaja melanggar kepercayaan pasien atau kolega kami."


Dikabarkan Sudah Dilaporkan ke Istana

Kate Middleton di Royal Ascot
Putri Wales dari Inggris, Kate Middleton tersenyum saat menghadiri hari keempat pertemuan pacuan kuda Royal Ascot, di Arena Balap Ascot di Ascot, Inggris, Jumat, 23 Juni 2023. (David Davies/PA via AP)

Menurut laporan The Mirror yang dikutip People, petinggi rumah sakit sebenarnya sudah memberi peringatan mengenai insiden ini kepada pihak Istana.

“Seluruh staf medis kaget dan syok karena tuduhan ini, dan merasa terpukul karena kolega yang mereka percaya, diduga bertanggung jawab atas pelanggaran kepercayaan dan etika seperti ini,” kata seorang sumber anonim.


Teori Konspirasi Usai Operasi

Seperti diketahui, Kate Middleton menjalani operasi perut pada Januari 2024 lalu, tapi tak diungkap apa penyakit yang ia derita. Sementara itu, sejumlah teori konspirasi beredar di media sosial mengenai apa yang terjadi pada sang calon Ratu Inggris.

Keadaan memburuk, setelah foto Kate Middleton bersama anak-anaknya yang dibagikan di akun Instagram pasangan ini, ternyata merupakan hasil editan. Sementara itu, wanita 42 tahun tersebut baru-baru ini sempat terlihat saat mengunjungi pertokoan hasil bumi di dekat Kastil Windsor.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya