Aurelie Moeremans Tolak Job Idaman karena Depresi Akut, Kini Berjuang untuk Bangkit dan Kembali Pulih

Aurelie Moeremans menggambarkan depresi sebagai awan mendung yang tak pernah berhenti menguntitnya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 15 Apr 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2024, 19:00 WIB
Gaya Fashionable Aurelie Moeremans Eksplor Biji Kopi di Aceh, Tampil Chic Kenakan Hijab Turban`
Aurelie Moeremans menggambarkan depresi sebagai awan mendung yang tak pernah berhenti menguntitnya. [@aurelie]

Liputan6.com, Jakarta Aurelie Moeremans mengungkap kepada publik mengenai problem kesehatan mental yang ia hadapi: depresi akut. Dalam unggahannya, Aurelie menjelaskan bahwa gejala depresi ini sudah ia rasakan selama beberapa tahun terakhir.

Jadi, beberapa tahun terakhir ini semangatku untuk hampir segala hal tuh hilang aja. Aku tetap kerja terus kok, tetap lakuin rutinitas sehari-hari, tapi kok ya rasanya hampa,” tulisnya dalam caption unggahan yang dibagikan Minggu (14/4/2024).

Ia tak lagi menikmati berbagai hal dalam hidupnya, bahkan tak lagi punya semangat untuk menjalani aktivitas di dunia hiburan. “Aku sampe gak enjoy shooting lagi, makanya memilih untuk berhenti sejak tahun lalu,” kata dia.

Karena kondisi ini pula, ia bahkan menolak tawaran job yang sebenarnya ia idam-idamkan.

“Bahkan ya, aku sempet ditawarin main di 2 proyek bareng aktor yang selama aku pengen banget satu project bareng, tapi aku tolak,” tuturnya.

Bahkan musik yang selama ini memberikan energi positif untuknya, tapi depresi membuatnya lagi menghasilkan reaksi serupa.

“Musik, yang biasanya selalu bisa buat aku happy, sempet gak bisa aku nikmatin lagi. Nggak bisa enjoy dengerin musik, apalagi nyanyi,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mencoba Berbagai Cara, Akhirnya ke Psikolog

Unggahan Aurelie Moeremans. (Instagram/ aurelie)
Unggahan Aurelie Moeremans. (Instagram/ aurelie)

Wanita 30 tahun ini tak berdiam diri, ia mencoba beraktivitas demi mengisi kehampaan dalam hidupnya. Mulai dari menjadi relawan, belajar meditasi, mendekatkan diri pada Tuhan, hingga menjalani prosesi melukat di Ubud, Bali.

“Memang ada perbaikan, tapi masih ada yang ganjel. Akhirnya aku ke psikolog,” tuturnya.


Seperti Awan Mendung yang Terus Menguntit

6 Gaya Public Figure Nonton MotoGP Mandalika, Aurelie, Fuji, hingga Azizah Salsha
Aurelie Moeremans. [@aurelie]

Begitu sampai ke psikolog, ia langsung disodori formular berisi beragam pertanyaan.

’Ini sih, kamu udah depresi akut, mba Aurélie.’ Begitu kata psikolog aku setelah aku jawab semua pertanyaan di formulir sebelum sesi pertama dimulai.”

Dari sini, ia akhirnya menyadari soal depresi. Ia menggambarkannya sebagai awan mendung yang tak pernah berhenti menguntitnya.

Upaya Aurelie untuk sembuh, berbuah manis. Dalam pertemuan keempat dengan sang psikolog, ia akhirnya menemukan akar dari depresinya. Ia sekaligus juga dibantu untuk mencari solusi untuk lepas dari permasalahan ini.


Kondisi Aurelie Jauh Lebih Baik

Kini, kondisi Aurelie mulai membaik.

“Sekarang, aku udah bisa menikmati musik lagi, hidup rasanya udah mulai berwarna lagi. Masih proses sih, nggak langsung *poof* lenyap gitu aja depresinya, tapi aku udah jauh lebih baik 🫶🏼,” kata dia.

Semoga soon aku bisa kembali aktif lagi di sosmed, bikin video-video kocak kayak dulu lagi!” tulisnya di pengujung unggahan.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya