6 Fakta Wanda Hara Dilaporkan ke Mabes Polri dengan Pasal Penistaan Agama, Ancaman Hukumannya 5 Tahun Penjara

Terkini, Wanda Hara yang merupakan fashion stylist langganan sejumlah artis dan pesohor Tanah Air, dilaporkan ke polisi, dampak dari kehadirannya mengenakan busana Muslim hingga bercadar di kajian Ustaz Hanan Attaki.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 25 Jul 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 13:30 WIB
Potret Penampilan Wanda Hara ketika Pakai Penutup Kepala, Kini Sedang Jadi Sorotan
Pakai bandana kain segitiga yang dipadukan dengan baju kaus dan celana jeans pendek, penampilan Wanda modis dan stylish. Makin menyala, Wanda pakai tas warna kuning selaras dengan bandananya. Tak lupa pakai kacamata, fashion item satu ini memang mendukung penampilan sahabat Nagita Slavina jadi makin kece. Diketahui ini adalah potret Wanda ketika liburan di Amerika Serikat pada Juni 2024 lalu. (Liputan6.com/IG/@wanda_haraa)

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Wanda Hara kajian agama ke Ustadz Hanan Attaki dengan duduk di barisan (shaf) perempuan dan mengenakan cadar jadi polemik.

Insiden Wanda Hara mengenakan cadar sebelumnya heboh dibahas Nikita Mirzani. Netizen di media sosial juga tak kalah ramai mengomentari fakta tersebut.

Terkini, fashion stylist langganan sejumlah artis dan pesohor Tanah Air ini dilaporkan ke polisi, dampak dari kehadirannya mengenakan busana Muslim hingga bercadar di kajian Ustaz Hanan Attaki.

Berikut, 6 fakta Wanda Hara dilaporkan ke Mabes Polri karena kehadirannya di acara kajian agama dengan mengenakan cadar dan berada di barisan perempuan, seperti dirangkum Liputan6.com, Kamis, 25 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Dilaporkan ke Polisi

Heboh Wanda Hara Lelaki Pakai Cadar di Kajian UHA, Ini Pesan Ustadz Hanan Attaki
Wanda Hara bikin heboh karena menggunakan cadar di kajian Ustadz Hanan Attaki. (Instagram @hanan_attaki dan @ayah_amanah)

Wanda Hara dilaporkan ke polisi akibat aksinya memakai busana muslimah serta cadar dan berada di saf perempuan saat kajian Ustadz Hanan Attaki.


2. Diadukan Pengacara

Wanda Hara minta maaf (https://www.instagram.com/p/C9uC0ZPS1_3/)
Wanda Hara minta maaf (https://www.instagram.com/p/C9uC0ZPS1_3/)

Laporan itu dilayangkan seorang advokat bernama Muhammad Rizky Abdullah ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama sebagaimana nomor LP/B/247/VII/2024 /SPKT/Bareskrim Polri, 24 Juli 2024.

 


3. Alasan Dilaporkan ke Mabes Polri

Wanda Hara
Kedekatan Wanda Hara dengan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/syahnaz)

"Yang bersangkutan sudah pakai cadar, sudah pakai hijab, sudah pakai jilbab, dan datang ke kajian Ustaz Hanan Attaki, duduk di saf perempuan," ujar Rizky saat ditemui pewarta di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (24/7/2024).


4. Dugaan Penistaan Agama

Wanda Hara nangis
Wanda Hara nangis (Foto: Instagram raffinagita1717)

Wanda Hara dilaporkan pengacara Muhammad Rizky Abdullah atas dugaan penistaan agama. "Saya Muhammad mengatasnamakan pribadi dan juga mengatasnamakan umat Muslim, beserta tim hukum Muslim yang merasa sakit hati yang merasa tersinggung atas kelakuan saudara Irwansyah dan atau Wanda Hara," kata Rizky.


5. Sanksi Sosial

Wanda Hara minta maaf (https://www.instagram.com/p/C9uC0ZPS1_3/)
Wanda Hara minta maaf (https://www.instagram.com/p/C9uC0ZPS1_3/)

Wanda Hara diketahui sudah membuat permohonan maaf atas kelakuannya itu. Namun menurut Rizky, hal itu tidak mengugurkan aspek hukum yang berlaku. "Perlu ada sanksi sosial dan ini bukan hanya sekedar bicara tentang saudara Irwansyah atau Wanda Hara saja. Tapi ini bentuk pelajaran bagi mereka yang mempunyai penyakit sejenis seperti Irwansyah tersebut," jelas Rizky.


6. Ancaman Hukuman 5 Tahun Penjara

Wanda Hara
Kedekatan Wanda Hara dengan Nagita Slavina (Sumber: Instagram/wanda_haraa)

Adapun dalam laporan ini, Rizky melaporkan Wanda Hara atas dugaan pelanggaran dugaan penistaan agama sesuai Pasal 156 huruf a dengan ancaman pidana lima tahun.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya