4 Album Rock Jepang yang Wajib Beli

Dari sekian banyak album Jepang yang rilis di Indonesia sejak 2012 silam, beberapa diantaranya berkiblat pada musik rock dan wajib dibeli.

oleh Rully Riantrisnanto diperbarui 24 Jun 2013, 12:00 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2013, 12:00 WIB
album-rock-jepang-130624b.jpg
Fenomena dirilisnya album-album band rock papan atas Jepang di Indonesia terus bergulir. Hal ini diperkuat dengan dijualnya beberapa album band rock asal Jepang melalui label-label yang bersangkutan, demi bisa mengapresiasi penggemar musik rock asal Negeri sakura tersebut.

Kita sudah tahu bahwa beberapa waktu lalu, banyak band rock Jepang yang meramaikan panggung musik tanah air kita. Sebut saja nama-nama tenar seperti L'Arc-en-Ciel, Scandal, hingga Mucc.

Pada 2012 lalu, beberapa album band rock Jepang tampak menghiasi toko-toko CD dan kaset di tanah air. Dari album-album yang ada, tampak judul-judul sangat menjanjikan untuk dibeli. Ditambah lagi, nama-nama band yang tertera pun sangatlah menggoda. Apa saja saja album rock Jepang yang dijual di Indonesia sejak 2012 lalu dan wajib untuk dibeli hingga kini? Berikut judul-judul yang sangat layak untuk dijadikan referensi.

1. Butterfly (L'Arc-en-Ciel)
Album karya kuartet Hyde dan kawan-kawan ini, pertama kali dirilis pada 8 Februari 2012 silam. Butterfly sempat menjadi salah satu album yang paling diincar oleh para penggemar musik Jepang di tanah air. Tembang-tembang seperti Good Luck My Way, Bless, X X X hingga Shine menjadi andalan yang patut didengar oleh penikmat musik band asal Osaka ini. Di negeri asalnya sendiri, album ke-12 mereka ini langsung mengawali debutnya di posisi pertama tangga album Oricon dengan penjualan sebanyak 170 ribu kopi. L'Arc-en-Ciel pernah berkunjung di Indonesia tahun lalu dalam event L'Arc-en-Ciel WORLD TOUR 2012. Saat itu, mereka sempat mempromosikan album ini melalui beberapa buah lagu yang dimainkan.

2. Queens Are Trumps: Kirifuda wa Queen (Scandal)
Scandal bukanlah nama yang asing lagi di telinga penggemar musik Negeri Sakura. Kiprah keempat gadis yang terdiri dari Haruna, Tomomi, Mami dan Rina dalam bermusik, menjadikan mereka sebagai salah satu grup rock wanita paling sukses di Jepang. Album Queens Are Triumph yang rilis pada 26 September 2012 ini, menyuguhkan beberapa tembang rock seperti Pin Heel Surfer, Taiyo Scandalous dan Harukaze. Alunan rock yang sangat kental di dalam album ke-4 ini, menjadikan imej mereka sebagai rocker wanita semakin menguat. Scandal sempat bermain di Indonesia pada tahun ini sembari membawakan beberapa tembang dari album Queens Are Triumph.

3. Shangri-La (Mucc)
Barangkali nama Mucc agak sedikit asing di telinga pendengar musik secara umum. Namun, di mata para penggemar musik rock Jepang, terutama visual kei, Tatsurou dan kawan-kawan bukanlah orang kemarin sore dalam kancah permusikan Negeri Sakura. Shangri-La yang rilis 28 November 2012 sendiri, merupakan album mereka yang ke-11. Di dalamnya, Mucc menghadirkan tembang-tembang keren seperti G.G., Nirvana, maupun Mother. Mucc sendiri sempat bermain di Indonesia dalam event J-Rock Evolution 2012. Saat itu, mereka bermain sebelum album Shangri-La dirilis.

4. Division (The Gazette)
Nama The Gazette sudah tak perlu ditanyakan lagi dalam kancah permusikan Negeri Matahari Terbit. Sebagai band beraliran visual kei yang paling sukses di Jepang, album ke-6 Ruki dan kawan-kawan ini menjadi salah satu pelengkapnya. Album Division yang dirilis pada 29 Agustus 2012 lalu, berhasil bertengger di posisi 5 besar Oricon chart dengan penjualan sebanyak 23 ribu kopi di pekan awal. Tembang-tembang seru menjadi andalan The Gazette dalam mensukseskan album ini, dengarkan saja nomor-nomor seperti Derangement, Ibitsu, Kagefumi atau Required Malfunction. Hingga kini, The Gazette belum menginjakkan kakinya di tanah air kita. Semoga saja dalam waktu dekat, fans The Gazette bisa dipuaskan secara maksimal.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya