Lagu Dipakai Kampanye, Novi Ayla Tuntut Pasangan Cagub/Cawagub

Lagu Cintai Aku Karena Allah (CAKA) milik pedangdut Novi Ayla dipakai tanpa izin untuk kampanye.

oleh Ferry Noviandi diperbarui 05 Agu 2013, 20:10 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2013, 20:10 WIB
novi-ayla-130508c.jpg
Lagu Cintai Aku Karena Allah (CAKA) milik pedangdut Novi Ayla dipakai tanpa izin untuk kampanye pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Suryadi Jaya Purnama (SPJ)-Johan Rosihan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Novi pun melayangkan somasi kepada SPJ dan Johan.

Ini merupakan somasi kedua yang dilayangkan Novi terhadap SPJ-Johan. Sebelumnya, somasi pertama telah ditanggapi pasangan tersebut. Namun Novi tak puas lantaran SPJ-Johan hanya melakukan permintaan maaf melalui Youtube.

"Padahal pada surat somasi pertama, kami meminta klarifikasi atau penjelasan, bagaimana asal muasal pemakaian lagu CAKA milik saya itu menjadi ajang kampanye lewat Youtube?," kata Novi bersama kuasa hukumnya, Ismail R dan Irfan Fahmi, saat ditemui di Jakarta, Minggu (4/8/2013).

Selain kepada SPJ-Johan, somasi ini juga dilayangkan kepada Presiden PKS dan Ketua DPW PKS NTB. "Klien kami mengajukan keberatan atas pembajakan karya seni peran dan suara dalam lagu CAKA yang menjadi miliknya itu," jelas Fahri, kuasa hukum Novi Ayla.

Sedangkan dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan, ditambahkan Fahri lagi, telah terjadi tindak pidana melanggar pasal 49 ayah 1 UU RI No.19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. "Atau, diduga melakukan perbuatan yang dilarang sebagaimana dalam Pasal 35 UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," jelas Fahri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya