Aplikasi Track Eco Karya Remaja Surabaya Ini Bakal Kurangi Sampah Plastik

Melalui aplikasi tersebut dipergunakan untuk menyalurkan sampah-sampah plastik yang bisa didaur ulang ke bank sampah agar dikelola dengan benar.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 05 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 12:00 WIB
Komunitas JakOne Artri Bank DKI
Komunitas JakOne Artri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi.

Liputan6.com, Surabaya - Tiga remaja Surabaya yaitu Stanley, Marcha dan Julian yang juga masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMA) membuat aplikasi pengelolaan sampah terintegrasi dan berkelanjutan bernama "Track Eco".

Salah seorang founder Track Eco Marcha Sharapova mengatakan masalah sampah di Indonesia harus menjadi perhatian serius oleh semua lapisan, karena memberikan dampak signifikan terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

"Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan strategi pengelolaan sampah yang terintegrasi dan berkelanjutan," katanya dalam keterangannya di Surabaya, Minggu (4/8/2024).

Melalui aplikasi tersebut dipergunakan untuk menyalurkan sampah-sampah plastik yang bisa didaur ulang ke bank sampah agar dikelola dengan benar.

Pengelolaan sampah terintegrasi dan berkelanjutan itu, dimulai dari sejumlah panti asuhan yang ada di Kota Pahlawan.

"Kami bakal mengambil (sampah) di panti-panti asuhan dan akan disiapkan tenaga khusus. Selain panti asuhan, Track Eco juga akan diterapkan di sejumlah tempat umum di Surabaya," ucapnya.

Sementara itu, founder Track Eco lainny Julian menambahkan untuk mengurangi volume sampah yang harus dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) perlu adanya kerja sama pengelolaan antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perluas Jaringan

Pengelolaan sampah juga perlu mengadopsi teknologi pengolahan modern seperti insinerasi, daur ulang dan pembuatan kompos agar menekan jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA.

"Inisiatif seperti bank sampah dan pengelolaan sampah berbasis komunitas perlu diperluas. Track Eco akan memperluas jaringan dari restoran-restoran, mall, hingga sekolah untuk dapat mengelola sampah dengan jumlah yang lebih besar lagi," ujarnya.

Infografis Jurus Kelola Sampah ala Risma
Infografis Jurus Kelola Sampah ala Risma (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya