Ancaman Palsu di Facebook Gegerkan Sekolah di AS

Ancaman palsu di Facebook gegerkan sekolah dan universitas di Amerika Serikat. Apa isi ancamannya?

oleh M Hidayat diperbarui 11 Sep 2015, 10:32 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2015, 10:32 WIB
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ancaman palsu di Facebook di-posting oleh seseorang yang mengaku memiliki hubungan dengan orang yang bekerja di keamanan nasional. Posting tersebut melaporkan kepada 911 bahwa Black Panther Party berencana pergi ke sekolah-sekolah dan universitas-universitas.

Di Amerika Serikat, Black Panther Party dikenal sebagai organisasi nasionalis dan sosialis orang-orang kulit hitam. Menurut posting tersebut, Black Panther Party berencana membunuh siswa dan mahasiswa kulit putih, dan kemudian menargetkan polisi kulit putih. Demikian ungkap para pejabat kepolisian Gaston County, seperti dikutip dari Wsoc TV, Jumat (10/09/2015).

Posting tersebut diklaim sebagai perintah langsung "untuk keselamatan anak" dengan cara memberi tahu pembaca "untuk memastikan bahwa anak-anak dipersenjatai setiap saat." Posting yang menyebut nama Sekolah ForestView ini menyebar gara-gara seorang siswa di sana menyebarluaksannya, sehingga menimbulkan kegaduhan antara pejabat sekolah, keamanan dan orang tua. 

"Dari Senin hingga Rabu, cerita tersebut rupanya makin menyebar," kata kapten polisi Gaston, Bill Melton. Karena itu, sejumlah siswa SMA Forestview pun khawatir. 

Menanggapi hal ini, salah satu orang tua mengatakan, "Saat ini, Anda harus mempertimbangkan segala sesuatu yang dapat dipercaya karena Anda tidak pernah tahu yang sebenarnya."

Selama 24 jam terakhir, para pejabat polisi dan sekolah mengatakan bahwa mereka telah dibanjiri telepon dari para orang tua yang bersangkutan. Polisi menjelaskan, mereka mengikuti kembali sumber posting dan menemukan bahwa itu hanya rumor belaka. Menindaklanjuti temuan polisi ini, kepala sekolah pun mengirim e-mail dan pesan yang direkam untuk semua orang tua.

(why/dhi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya