Kamera Ganda Hanya Akan Ada di iPhone Versi Plus

Berdasarkan prediksi Ming-Chi Kuo, Apple hanya akan memakai kamera ganda untuk iPhone versi Plus.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 11 Sep 2016, 15:05 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2016, 15:05 WIB
iPhone 7 Plus
Apple iPhone 7 Plus (dpreview.com)

Liputan6.com, Taipei - Apple menyematkan fitur Optical Image Stabilization (OIS) untuk kedua iPhone teranyarnya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Karena itu, besar kemungkinan fitur yang sebelumnya hanya ada di versi iPhone dengan embel-embel "Plus" itu, akan terus hadir di seri iPhone selanjutnya.

Namun, bagaimana dengan kamera ganda yang ada di iPhone 7 Plus? Apakah ada kemungkinan kamera ganda ini nantinya juga hadir di versi iPhone standar?

Menjawab pertanyaan itu, laporan terbaru dari analis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities menyebut fitur kamera ganda masih akan terbatas untuk model iPhone high-end, begitu juga untuk seri terbaru di tahun 2017 mendatang.

"Meski kehadiran kamera ganda ini merupakan fitur menarik, fungsinya masih terbilang belum menjadi fitur yang menarik pasar yang lebih luas," ujar analis yang dikenal melontarkan prediksi akurat tentang Apple itu.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Minggu (11/9/2016), biaya diprediksi menjadi alasan kuat Apple memilih fitur kamera ganda tak akan hadir di tiap versi iPhone.

Dengan perhitungan biaya tambahan sekitar US$ 30 sampai 40, ditambah perusahaan asal Cupertino itu hanya akan menambah nilai lebih untuk versi iPhone berlabel Plus, besar kemungkinan iPhone berbanderol tinggi sajalah yang memiliki fitur tersebut.

Sebagai informasi, Apple memang untuk kali pertama memperkenalkan produk smartphone berkamera ganda lewat iPhone 7 Plus. Dua lensa itu diklaim dapat mengambil gambar lebih baik.

Satu lensa merupakan lensa wide-angle 28mm, sedangkan satu lensa lainnya adalah lensa telephoto 56mm. Keduanya memiliki resolusi 12MP dengan snapper yang lebih cepat 60 persen dan 30 persen lebih efisien.

Fungsi kamera ganda di high-end smartphone tengah menjadi tren saat ini. Selain Apple, perusahaan lain seperti Huawei dan LG juga lebih dulu memperkenalkan smartphone berkamera ganda, melalui Huawei P9 dan LG G5.

(Dam/Why)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya