Ingin Bikin Konten IGTV Lebih Kece dan Menarik? Lakukan 5 Cara Ini

Jika kamu termasuk ke salah satu pengguna yang ingin membuat konten video IGTV menarik dan kece, ada beberapa langkah yang harus dilakuka

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Sep 2018, 12:00 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2018, 12:00 WIB
IGTV
IGTV

Liputan6.com, Jakarta - Instagram TV alias IGTV, kini menjadi salah satu alternatif pengguna yang ingin menonton video dalam format vertikal. 

Sejak peluncurannya, IGTV berhasil memikat pengguna untuk berekspresi membuat konten video yang kreatif.

Bahkan, video berformat vertikal juga telah menjadi tren yang banyak diminati pengguna.

Namun seringkali, kreator konten mengalami kesulitan mentok di ide saat menciptakan konten video yang menarik.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna yang ingin membuat konten video IGTV menarik dan kece, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Ikuti caranya berikut sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari laman Wistia, Rabu (26/9/2018).

1. Rekam video dengan kamera bawaan smartphone

Tahap awal yang bisa dilakukan untuk membuat konten video IGTV yang menarik, adalah merekamnya dengan kamera bawaan smartphone. Cara ini lebih efektif untuk menghasilkan kualitas terbaik.

2. Gunakan tripod

Terkadang mengambil video dengan durasi panjang, membutuhkan usaha cukup keras. Kendati demikian, gunakan tripod untuk mencegah terjadinya goncangan pada saat merekam video.

3. Gunakan aplikasi voice memo sebagai mikrofon

Cara ini patut dicoba. Pasalnya, dengan memanfaatkan aplikasi perekam suara (voice memo), kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih baik dan terkendali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Pilih Airdrop melalui PC

IGTV launch, image: the verge
IGTV launch, image: the verge

Khusus bagi kamu pengguna iOS, cara yang tepat untuk memindahkan video sekaligus dari smartphone ke PC dengan pilihan Airdrop. Lebih cepat dan tentunya mudah untuk dilakukan.

5. Gunakan aplikasi editor video

Tahap terakhir sebelum di-publish, kamu bisa menggunakan aplikasi editor video seperti Adobe Premiere untuk windows atau Final Cut Pro untuk Mac. Namun, khusus iMovie belum tersedia untuk mengedit video secara vertikal.


Sekilas IGTV

Nantinya unggahan dari IGTV akan tersinkronisasi ke IG. (Instagram)
Nantinya unggahan dari IGTV akan tersinkronisasi ke IG. (Instagram)

Instagram baru saja memperkenalkan fitur terbarunya, Instagram TV atau IGTV. Lewat fitur ini, berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal sepanjang satu menit bisa lebih lama, yakni sampai 10 menit.

Tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, IGTV juga hadir dalam aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Android.

Mengutip laman The Verge, Kamis (21/6/2018), konten yang disajikan dalam IGTV berformat vertikal.

Begitu masuk ke aplikasi tersebut, pengguna bisa memilih dan menyaksikan video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.

CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, aplikasi IGTV dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.

"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," kata Systrom.

Systrom juga menyebut, hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan.

Tidak hanya itu, IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Menurutnya, kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube.

Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya.

Systrom berharap, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.

Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya