Google Duo Siap Dukung Panggilan Grup Hingga 32 Orang

Google Duo mengatakan pihaknya akan menambah jumlah partisipan dalam panggilan grup hingga 32 orang, setelah sebelumnya memungkinkan panggilan grup lewat browser.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 11 Mei 2020, 10:38 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2020, 10:38 WIB
Google Duo
Fitur Grup Video Call di Google Duo (Foto: Google)

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo dilaporkan akan kembali menambah jumlah orang yang dapat berpartisipasi dalam panggilan grup melalui layanannya. Menurut informasi, Google kini sedang mempersiapkan kehadiran fitur ini.

Dikutip dari Android Police, Senin (11/5/2020), Google mengatakan dengan penambahan ini, jumlah partisipan yang dapat bergabung di Duo menjadi 32 orang. Jumlah ini jauh meningkat dari kemampuan yang dimilikinya sekarang.

Pada Maret 2020, Google memang menambah jumlah partisipan Duo dari 8 menjadi 12 orang. Lalu akhir April 2020, perusahaan sempat mengatakan akan menambahkan jumlah kembali.

Oleh sebab itu, penambahan jumlah partisipan ini disebut adalah rencana Google meningkatkan kemampuan Duo yang diumumkan akhir bulan lalu. Namun Google belum mengungkapkan kapan fitur ini akan mulai digulirkan.

Keputusan untuk menambah jumlah partisipan hingga 32 orang ini menyusul informasi yang sebelumnya menyebut Google Duo kini memungkinkan pengguna melakukan pangilan video grup dari peramban Chrome.

Dengan kombinasi tersebut, kemampuan Google Duo jelas jauh meningkat dan dapat menjadi pesaing kuat layanan serupa, seperti Zoom dan Skype.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekilas Soal Google Duo di Peramban Chrome

Google Ramadan
Google Duo. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Untuk diketahui, meski pengguna Duo melakukan group video call dari browser, mereka tetap harus login ke akun Google untuk bisa saling terhubung dalam panggilan.

Mengutip laman The Verge, Minggu (10/5/2020), fitur ini bakal segera hadir di Chrome dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak hanya kemampuan group video call lewat browser, Google juga memberikan update family mode versi baru di Google Duo. Mode ini memungkinkan pengguna untuk menggambar di layar dan bisa disaksikan bersama oleh seluruh partisipan.

"Duo akan menghilangkan tombol-tombol untuk mute dan mematikan panggilan ketika pengguna sedang berada di family mode. Dengan begitu, para pengguna bisa menggambar bersama, tanpa perlu terpencet tombol matikan panggilan," kata Google.

Family mode tersedia ketika pengguna memakai Duo dan signin pada akun Google mereka.


Hadirkan Update Lainnya

Google Duo
Ilustrasi Google Duo (Sumber: XYZTimes.com)

Bukan hanya itu, Google juga memboyong update lain, yakni efek dan filter seperti yang ada di Snapchat. Filter ini akan tersedia pada panggilan video one-on-one, melalui aplikasi Duo yang ada di Android dan iOS. Salah satu filter-nya hadir pada minggu ini.

Sebelumnya pada bulan lalu, Google menyebut pihaknya akan meluncurkan codex video AV1 di Google Duo untuk meningkatkan kualitas panggilan video.

Selain itu juga memperkenalkan fitur foto bersama saat panggilan video, dan meningkatkan jumlah partisipan group video call dari 8 menjadi 12 partisipan.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya