Eks Engineer Microsoft Severan Rault Jadi CTO Gojek

Gojek menunjuk Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO) Group sebagai pengganti Ajey Gore, yang akan mengelola tim engineering Gojek yang berlokasi di Asia Tenggara dan India

oleh M Hidayat diperbarui 22 Jul 2020, 10:12 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2020, 09:22 WIB
Eks Engineer Perusahaan Teknologi Global Severan Rault Jadi CTO Gojek
Eks Engineer Perusahaan Teknologi Global Severan Rault Jadi CTO Gojek. Kredit: Gojek

Liputan6.com, Jakarta - Severan Rault menjadi CTO Gojek Group baru yang menggantikan Ajey Gore.

Sebagai CTO Gojek Group ia akan bertanggung jawab atas keseluruhan teknologi ekosistem Gojek dalam menyediakan akses terhadap beragam layanan mulai dari transportasi dan pembayaran hingga pengantaran makanan dan sejumlah layanan lainnya.

Selain itu, Severan juga akan mengelola tim engineering Gojek yang berlokasi di Asia Tenggara dan India.

Severan telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri teknologi global. Dia pernah menjadi Direktur Software Development di Amazon dengan tugas antara lain memimpin tim yang menciptakan Amazon Prime Air, layanan antar Amazon berbasis pesawat nirawak.

Sebelum di Amazon, Severan dia sempat memerankan beberapa posisi di Microsoft, yakni Principal Architect di mesin pencarian Bing dan Principal Development Manager di Microsoft OneApp.

Dia juga telah mendirikan perusahaan solusi nirkabel Kikker Interactive, yang kemudian dicaplok oleh Microsoft pada 2008, serta perusahaan Virtual Reality bernama Betawave, yang menjadi perusahaan terakhir tempat ia bekerja sebelum bergabung dengan Gojek.

"Saat ini merupakan waktu yang menarik bagi Gojek karena perusahaan tengah memasuki fase penting peralihan dari startup ke perusahaan yang lebih matang. Menjadi bagian dari perjalanan tersebut sungguh suatu hal yang istimewa," ujar Severan dalam keterangan resmi perusahaan, Rabu (22/7/2020).

 


Merasa tertantang

Dia menyatakan, membangun sistem dan proses dari suatu bisnis dengan skala dan kompleksitas seperti Gojek merupakan tantangan tersendiri baginya dan dia merasa bersyukur dapat menjadi bagian darinya.

Pada awal tahun ini Severan bergabung dengan Gojek sebagai Head of Engineering untuk marketplace Gojek dan kini sebagai CTO dia akan langsung bertanggung jawab kepada Co-CEO Gojek Kevin Aluwi.

"Saya bergabung dengan Gojek karena misi sosial positif perusahaan. Membantu jutaan orang untuk mendapatkan penghasilan menjadi kepuasan tersendiri. Tantangan-tantangan teknis terkait hal tersebut sangat menarik, mulai dari isu pengembangan yang dibutuhkan oleh solusi cloud tercanggih, hingga penerapan mendalam teknologi kecerdasan buatan. Gojek adalah seperti mimpi bagi inovator seperti saya," kata Severan.

 


Pernyataan Co-CEO

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengaku menyambut hangat Severan yang mengampu posisi CTO Gojek. Menurut Kevin, Severan memiliki keahlian mendalam, antusiasme serta kepemimpinan yang dapat membawa pengembangan produk dan layanan Gojek ke jenjang lebih baik.

"Severan adalah seorang pemimpin di bidang teknologi yang memiliki kepedulian tinggi untuk terus menciptakan manfaat bagi seluruh pengguna di ekosistem Gojek. Kami tidak sabar melihat Severan melanjutkan kesuksesannya di Gojek," kata Kevin.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya