Indosat Ooredoo: Pertukaran Ide Bisa Pecahkan Tantangan yang Dihadapi Perempuan

Indosat Ooredoo mengadakan SheHacks 2021 untuk mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan dengan meningkatkan kapasitas mereka menggunakan teknologi

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 07 Agu 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2021, 17:00 WIB
IM3 Ooredoo
Program Kios myIM3 untuk membantu masyarakat memulai usaha di masa pandemi Covid-19 (Foto: Indosat Ooredoo)

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Juni 2021 lalu, Indosat Ooredoo meluncurkan SheHacks 2021, program bagi perempuan Indonesia yang bertujuan mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan dengan meningkatkan kapasitas mereka menggunakan teknologi.

SheHacks 2021 mengumumkan ada 10 finalis terpilih yang dapat mengikuti sesi mentoring dari 3 hingga 6 Agustus, untuk membantu finalis mempertajam solusi mereka dan mempersiapkan pitch terakhir.

Setiap harinya, mentoring yang diadakan mencakup topik berbeda, mulai dari kecocokan masalah dan solusi, lean canvas, hingga pembuatan prototipe.

"Ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya untuk bisa berbagi pengalaman dengan para perempuan muda nan energik ini," kata salah satu mentor CEO Reblood Leonika Sari dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, ditulis Sabtu (7/8/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tiga Isu Utama

SheHacks 2021 (Dok. Indosat Ooredoo)
SheHacks 2021 (Dok. Indosat Ooredoo)

Selain serangkaian sesi mentoring, SheHacks 2021 juga mengadakan strategi partners sharing sessions yang memberikan para finalis pengetahuan mendalam tentang isu-isu seputar perempuan.

Tiga isu utama yang disorot tahun ini adalah penggunaan teknologi oleh perempuan untuk mendorong kewirausahaan dan kesejahteraan keluarga, akses perempuan ke pendidikan berkualitas, dan hak perempuan atas layanan kesehatan reproduksi.

"Pertukaran ide adalah hal yang krusial dalam memecahkan tantangan kompleks yang dihadapi perempuan setiap harinya," kata SVP Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang.

Menurut Steve hal itulah yang mendorong mereka mempertemukan calon pengusaha, engineer, thought leaders, dan konsultan, untuk memungkinkan berbagi sudut pandang, menelaah opsi yang ada, dan menghasilkan inovasi tepat sasaran.


Peningkatan Peserta dari Tahun Lalu

Logo Indosat Ooredoo
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusatnya di Jakarta. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Tahun ini, SheHacks sudah memberdayakan 1.453 wanita Indonesia dengan rentang usia 15 sampai 40 tahun, dan menerima 477 proposal solusi permasalahan.

Mereka melaporkan, angka ini meningkat secara signiffikan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal yang dikumpulkan.

Selain itu, SheHacks 2021 memiliki cakupan yang lebih luas dari tahun sebelumnya mengingat 23 persen dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa.

(Dio/Isk)


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya