3 Alasan Kamu Perlu Login Tanpa Password, Salah Satunya Bisa Tingkatkan Keamanan

Login tanpa kata sandi, atau yang juga dikenal sebagai passwordless login dapat menjadi metode untuk mengakses akun yang terjamin aman.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 03 Mar 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 18:00 WIB
Password
Ilustrasi password.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi setiap pengguna internet, memilih alat dan layanan digital yang mumpuni di era kemajuan teknologi berguna untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi masalah seperti kebocoran password hingga data.

Untuk mengakses akun di suatu aplikasi atau situs, tentu pengguna harus membuat dan mengingat suatu kata sandi atau password. Akan tetapi, rupanya ada cara untuk login tanpa memerlukan kata sandi yang lebih aman dan mudah.

Selain tidak perlu mengingat kata sandi, menggunakan alat interface login sekali klik seperti Vault Vision dapat meningkatkan efisiensi dan perlindungan pada akun. 

Login tanpa password, atau yang juga dikenal sebagai passwordless login dapat menjadi metode untuk mengakses akun yang terjamin aman. Cara ini dapat menghindari pengguna dari risiko serangan phishing dan peretasan kata sandi.

Alih-alih menggunakan kata sandi, login tanpa password yang dimaksud, dapat dilakukan dengan menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau pemindaian iris alias mata. Selain itu, kode sekali pakai seperti kode OTP yang dikirimkan ke perangkat terpercaya juga dapat menjadi pilihan untuk login yang aman.

Dirangkum dari Gizchina, Jumat (2/3/2023), terdapat tiga alasan utama yang dapat meyakinkan pengguna untuk beralih ke cara login tanpa menggunakan kata sandi alias passwordless login.


1. Meningkatkan Keamanan dan Meminimalisir Risiko

Ilustrasi kata sandi
Ilustrasi kata sandi (sumber: Pixabay)

Tidak hanya pengguna pribadi, perusahaan yang juga memanfaatkan teknologi digital seperti website atau akun di suatu aplikasi perlu beralih ke passwordless login untuk meningkatkan keamanan. 

Hal ini karena penggunaan kode atau kata sandi, memiliki risiko pencurian informasi yang mungkin terjadi pada akun pengguna atau perusahaan akibat mudahnya hacker mengakses password melalui detail-detail akun pengguna.

Tentunya, peretasan semacam ini akan menyebabkan kerugian yang berdampak sangat buruk bagi keamanan data pemilik akun, baik atas nama pribadi maupun perusahaan. 


2. Mempercepat Proses Login

Ilustrasi password
Ilustrasi (iStock)

Mengingat-ingat kata sandi dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama jika pengguna telah membuat banyak kata sandi untuk berbagai akun dalam waktu yang jauh ke belakang.

Untuk meminimalisir penggunaan waktu dalam proses masuk ke suatu akun atau aplikasi, pengguna dapat memilih opsi login tanpa kata sandi melalui berbagai metode yang sudah disebutkan di atas.

Metode ini juga akan memusnahkan kesulitan pengguna dalam mencocokkan dan mengetik kata sandi yang sesuai dengan akun yang dimaksud.


3. Akses Akun Staff Dapat Lebih Mudah Dibuat

Ilustrasi Password
Ilustrasi Password

Dengan menggunakan metode passwordless login, suatu perusahaan yang memiliki akun atau aplikasi kantor yang terintegrasi secara digital dapat menyederhanakan akses untuk para pekerjanya yang telah disetujui.

Cara ini juga dapat mempersulit peretas dan penjahat siber untuk mencoba masuk ke akun atau aplikasi tersebut.

Meskipun demikian, keamanan login tanpa kata sandi bergantung pada kekuatan faktor login yang dipilih serta sistem yang digunakan. 

Perlu diingat juga bahwa passwordless login bukan untuk menggantikan tindakan keamanan lain seperti autentikasi dua faktor karena metode ini dapat menambah lapisan keamanan.

Secara keseluruhan, login tanpa kata sandi ini dapat menjadi alternatif yang aman dan nyaman dari metode autentikasi tradisional yang menggunakan kata sandi.  

Beragam Model Kejahatan Siber
Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya