Viral di Medsos, Pengobatan Ida Dayak Bikin Macet Cilodong Depok Hingga Dikeluhkan Warganet

Pengobatan Ida Dayak yang didatangi ratusan orang membuat macet Jalan Raya Bogor-Jakarta KM 39, Cilodong, Depok. Hal ini pun dikeluhkan warganet Depok dan sempat viral di media sosial.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 03 Apr 2023, 21:23 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 14:17 WIB
Sosok Ida Dayak, perempuan yang menggelar alternatif dengan pakaian Dayak lengkap dan berbekal minyak oles yang ia beri nama minyak bintang.
Sosok Ida Dayak, perempuan yang menggelar alternatif dengan pakaian Dayak lengkap dan berbekal minyak oles yang ia beri nama minyak bintang. (Foto: Screenshot YouTube Merdeka.com).

 

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang disebutkan berkumpul dan memadati area Kostrad Cilodong, Depok, untuk menghadiri pengobatan alternatif Ida Dayak yang kini viral di medsos (media sosial).

Dalam akun Instagram info komunitas @depok24jam, terlihat orang-orang ini memadati sebuah pintu bangunan. Menurut informasi yang beredar, jadwal pengobatan alternatif Ida Dayak dilakukan Senin dan Selasa tanggal 3-4 April 2023 di GOR Divif 1 Kostrad yang terletak di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Unggahan ini viral di akun komunitas tersebut. Keramaian orang yang mengikuti pengobatan alternatif Ida Dayak menyebabkan kemacetan panjang di Jalan Raya Bogor arah Jakarta, di sekitar Cilodong, Depok. Warganet di sekitar pun mengeluhkan kemacetan ini melalui media sosial. 

Lantas, apa itu pengobatan alternatif Ida Dayak yang sampai viral di media sosial karena membuat kemacetan di Cilodong, Depok?

Dilaporkan  Regional Liputan6.com, Senin (3/4/2023), kedatangan banyak orang untuk berobat alternatif kepada Ida Dayak bukan tanpa sebab. Pasalnya, di banyak video yang beredar, Ida Dayak mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Adapun penyakit yang kabarnya bisa disembuhkan Ida Dayak, mulai dari patah tulang, saraf kejepit, hingga orang tidak bisa bicara. Mereka yang menderita penyakit tersebut di atas, kabarnya bisa sembuh hanya dengan menggunakan minyak yang disebutnya dengan minyak bintang.

Uniknya dalam pengobatan alternatifnya, Ida Dayak tidak meminta imbalan uang alias gratis. Namun, minyak bintang yang disebut-sebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit itu dijualnya dengan harga Rp 50 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ida Dayak Gelar Pengobatan Gratis dengan Pakaian Tradisional Dayak

Pengobatan Ida Dayak
Pengobatan alternatif Ida Dayak di area Kostrad Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023), dipadati warga yang ingin mendapatkan kesembuhan. (Liputan6.com/ Dok Ist @Mas_p4rjo)

Ida Dayak diketahui bernama lengkap Ida Andriyani. Wanita kelahiran Paser, Kaltim, Juli 1972, ini disebut Ida Dayak lantaran saat menggelar pengobatan kerap menggunakan pakaian tradisional Dayak lengkap dengan aksesorisnya.

Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Bahkan dirinya mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Dalam pengobatannya, percaya atau tidak, hanya dengan sekali urut menggunakan minyak bintang, Ida Dayak bisa langsung menyembuhkan tulang bengkok pasiennya. Bahkan ada pasien yang sebelumnya tidak mampu berjalan, setelah diurut langsung bisa berjalan kembali.

 


Mengaku Selalu Libatkan Tuhan Saat Lakukan Pengobatan Alternatif

Pengobatan Ida Dayak Bikin Macet Jalan Raya Depok
Pengobatan Ida Dayak Bikin Macet Jalan Raya Depok

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ujar Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

Usai video-video penyembuhannya viral, pengobatan Ida Dayak di mana pun selalu dipadati warga yang ingin mencari kesembuhan. Bahkan Ida Dayak juga mendapat atensi dari beberapa instansi hingga pejabat penting.

Perempuan Dayak itu juga pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir.

 

INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Permasalahan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia
INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Permasalahan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya