Jokowi Undur Jadwal Tinjau Jalan Rusak di Lampung, Warganet: Di-prank Enggak Tuh Gubernur

Presiden Jokowi menunda jadwal kunjungan ke Lampung untuk tinjau jalan rusak yang viral di Lampung, warganet pun berkomentar nyinyir terhadap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang sebelumnya sibuk meninjau perbaikan jalanan rusak di wilayah kerjanya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 03 Mei 2023, 13:28 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2023, 13:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Pembentukan Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat, 7 Oktober 2022. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Lampung untuk meninjau sejumlah jalanan rusak di Lampung yang sempat viral di media sosial pada Rabu, 3 Mei 2023.

Namun menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, kunjungan Presiden Jokowi ke Provinsi Lampung ditunda menjadi Jumat, 5 Mei 2023.

"(Presiden ke Lampung). Jumat," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Basuki mengatakan, dirinya tidak tahu alasan kunjungan Jokowi ke Lampung ditunda menjadi hari Jumat. Pasalnya, jadwal kunjungan Jokowi keluar daerah diatur oleh protokoler Istana.

Sementara itu, menyambut kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah jalan dan infrastruktur di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad sebelumnya telah meninjau lokasi yang hendak dikunjungi Presiden Jokowi.

Menurut informasi dari akun Twitter @PartaiSocmed, Presiden Jokowi akan melewati jalan-jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung, yang sebelumnya viral di medsos.

Akun ini juga mengunggah video dan foto lain yang memperlihatkan berbagai alat berat diturunkan ke lokasi jalan rusak yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, demi membuat jalanan di sana lebih baik.

"Alat berat sudah siap tempur agar kedatangan Presiden tidak terlalu malu-maluin," kata akun tersebut melalui keterangan di sebuah foto yang memperlihatkan deretan kendaraan alat berat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Cibir Gubernur Lampung yang Seolah Diprank

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung.
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung. (Foto: biroadpim.lampungprov.go.id).

Menanggapi berita mengenai jadwal kunjungan kerja Jokowi ke Lampung yang berubah jadi hari Jumat, 5 Mei 2023, warganet pun berkomentar, sebaiknya Jokowi sering mengunjungi daerah yang infrastruktur jalannya rusak agar dibangun oleh pemerintah setempat.

"Sering-sering begini, biar dibangun jalan sama pemerintah setempat," kata pengguna dengan akun @zep***.

Warganet lain menyebut upaya pemerintah setempat buru-buru membangun jalanan setelah ada kabar bahwa wilayah itu bakal ditinjau Presiden Jokowi adalah hal lucu.

"Sidak kok udah rame dari jauh hari, terus berita di Lampung panik bangun jalan udah di mana-mana, ada yang lebih lucu?" kicau @rid***.

Pengguna akun Twitter @sun*** mencibir upaya pemerintah Lampung yang telah berusaha keras mengaspal jalanan. "Mati-matian ngaspal, gak selesai. Selesai pun hasilnya sia-sia, hahahaha," katanya.

Pengguna internet lain pun menertawai upaya pemerintah Lampung yang buru-buru memperbaiki jalanan rusak tetapi presiden Jokowi justru mengundur tanggal kunjungan. "Di-prank gak tuh gubernur preman," kicau @md_***.


Jadi Bahan Tertawaan Warganet

Buntut Viralnya Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro Kritik Lampung, Ramai Warganet Unggah Video Jalanan Rusak
Buntut Viralnya Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro Kritik Lampung, Ramai Warganet Unggah Video Jalanan Rusak (dok: tangkapan layar)

"Diprank," ujar @ek*** disertai emoji tertawa terbahak-bahak.

"Kasihan gubernurnya udah capek nimbun jalan yang berlobang pakai helikopter," kata @ba2***.

"Padahal gubernurnya udah panik," kicau @max***.

Warganet lain pun mengicaukan hal serupa.

"Wkwkwk, padahal udah kocar kacir," kicau pengguna @sou***.

"Begitu dong, kasih kesempatan pemda merapikan infrastruktur yang memang harus ditunaikan penyelesaiannya wajar secara kualitas maupun kuantitas, sehingga rakyat gembira mendapatkan fasilitas umum yang seharusnya dinikmati dan APBN tidak tercecer ke mana-mana," kata pengguna dengan akun @gub***.

 


Kata Gubernur Lampung Soal Perbaikan Jalan Rusak

Kumpulan Potret Jalan Rusak di Lampung, Warganet: Cocok untuk Orang yang Suka Tantangan (@fakta.indo/Instagram)
Kumpulan Potret Jalan Rusak di Lampung, Warganet: Cocok untuk Orang yang Suka Tantangan (@fakta.indo/Instagram)

Sebelumnya, mengutip keterangan resmi dari laman Pemprov Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah meninjau langsung kondisi jalan di daerah Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (1/5/2023). Jalan di daerah Rumbia, Lampung Tengah ini sempat viral di media sosial karena kondisinya yang rusak.

Menurut Arinal dalam keterangan resmi Pemprov Lampung, Pemprov Lampung bakal bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam upaya perbaikan jalan di lokasi tersebut.

Disebutkan, jalan di Rumbia sudah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah, yakni Ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya. Pembangunan dikatakan akan menggunakan APBN dan APBD secara berkesinambungan.

Arinal menyebutkan, pembangunan jalan dilakukan dengan struktur perkerasan jalan dan kini dalam tahap rekonstruksi. Menurutnya, infrastruktur sudah jadi prioritas Lampung, tetapi ia berdalih pandemi membuat Pemprov Lampung memfokuskan anggaran ke bidang kesehatan. 

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya