Pengguna iPhone, Perintahkan Siri Kini Tak Perlu Lagi Sebut 'Hey Siri'

Pengguna iPhone, Apple menambahkan update baru terhadap asisten suaranya, Siri. Perintah untuk membangunkan Siri kini tak perlu lagi "Hey Siri" tetapi cukup dengan "Siri".

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 06 Jun 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 12:00 WIB
Berkat Apple Siri, Bocah 4 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya
Ilustrasi Apple Siri

 

Liputan6.com, Jakarta - Dalam konferensi pengembang WWDC 2023, Apple mengumumkan sistem operasi barunya, iOS 17. Sistem operasi ini hadir dengan sejumlah fitur baru.

Ada sejumlah perubahan dan pembaruan juga yang digulirkan melalui iOS 17, salah satunya pembaruan terhadap asisten pintar berbasis suara milik Apple, Siri.

Mengutip Gizchina, Selasa (6/6/2023), Apple mengumumkan bahwa kini perintah untuk mengaktifkan Siri berubah. Pengguna iPhone kini tak perlu bilang "Hey Siri" saat mau memerintah Siri, tetapi cukup dengan bilang "Siri".

Dengan demikian, pengguna sekarang dapat menggunakan satu kata baru untuk membangunkan sang asisten suara. Namun, kata Siri tak sepenuhnya baru karena pengguna selama ini selalu menggunakan "Hey Siri" saat mau memerintah asisten suara Siri.

Lalu, apa alasan Apple mengubah frase pemanggil Siri?

Menurut versi terbaru Apple Style Guide, perusahaan memutuskan untuk menghentikan penggunaan frase "Hey Siri."

Apple mengatakan, alasan utama menggunakan "Hey Siri" dulu karena pekerjaan teknis dan pelatihan lama yang mendasarinya, lebih mudah untuk mengaktifkan asisten suara dengan dua kata. Jadi dari situ, dipakailah "Hey Siri".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Apple Hilangkan Hey Untuk Panggil Siri

Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya
Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya (Foto: Apple).

Namun, kini meski memotong "Hey" dan hanya memakai "Siri" tampaknya jadi jauh lebih sederhana. Secara teknis, perubahan menjadi "Siri" saja saat memanggil Siri membuat Apple melakukan banyak penyesuaian di latar belakang dan mengoptimalkan false touch dalam beberapa skenario.

Alasan hanya menggunakan satu kata untuk memanggil asisten suara ini sebenarnya adalah bentuk dari kemajuan teknologi.

Pasalnya kini perintah suara bisa dilakukan hanya dengan satu kata saja. Hal ini pun jadi jaminan kalau pengguna bakal memiliki sistem Siri yang lebih baik.

Meski hal ini tampak sebagai perubahan kecil, keputusan Apple untuk menghentikan "Hey Siri" dan hanya mengadopsi "Siri" akan memiliki beberapa implikasi bagi pengguna lama.

Para pengguna lama tentunya akan menyesuaikan diri untuk hanya memanggil Siri dengan "Siri". Kendati demikian, secara jangka panjang hal ini akan lebih mudahkan pengguna karena hanya butuh satu kata untuk memanggil asisten virtual.

 


Umumkan Fitur Baru iOS 17

iOS 17
iOS 17. Credit: Macrumors.com

Update Buku Kontak

Buku kontak di iPhone kini hadirkan update baru, yakni sebuah fitur bernama Posters. Posters ini mengubah kartu kontak menjadi gambar yang terlihat satu layar penuh di iPhone penerima, saat pengguna memanggilnya.

Dalam hal ini Apple menggunakan bahasa desain mirip dengan layar kunci yang didesain ulang, dengan opsi tipografi yang berani dan kemampuan untuk menambahkan Memoji.

Selain itu ada pula fitur transkripsi langsung (live transcribe) untuk pesan suara yang memungkinkan pengguna melihat transkrip pesan yang ditinggalkan penelepon secara realtime.

Update pesan

Sejumlah update untuk pesan, meliputi kemampuan menyaring pencarian dengan istilah tambahan. Lalu, fitur yang beralih ke pesan terbaru sehingga pengguna bisa mengetahui ada pesan baru dengan lebih mudah.

Terdapat pula fitur Check In yang membagikan lokasi dan live status Anda dengan pengguna lain. Fitur ini dapat secara otomatis mengirim pesan ke teman ketika si pengguna sudah sampai di rumah.

Check In juga memungkinkan pengguna membagikan status baterai ponsel dan layanan seluler untuk menghindari kebingungan orang lain, ketika si pengguna tengah berada di wilayah susah sinyal.

Stiker juga mendapatkan perombakan, dengan kemampuan untuk menambahkan emoji atau potongan foto apa pun sebagai stiker yang bisa ditempatkan di iMessage atau di mana saja. Foto juga bisa langsung diubah jadi stiker animasi dan pengguna bisa tambahkan efek ke stiker.


Update Keyboard

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

iOS 17 juga perkenalkan peningkatan keyboard, termasuk peningkatan untuk fungsi autocorrect. Kini, autocorrect bergantung pada model bahasa baru untuk akurasi yang lebih baru ditambah pintasan yang lebih mudah untuk back ke kata asli yang ditulis pengguna.

Selain itu, ada pula pengetikan prediktif dan koreksi otomatis untuk kesalahan tata bahasa. Keyboard Apple juga mempelajari kata-kata yang kerap dituliskan pengguna. Dikte juga menggunakan model AI baru yang lebih akurat.

Aplikasi Journal

Apple kini punya aplikasi Journal yang secara otomatis menyarankan momen yang ingin diperingati dalam entri jurnal.

Entri tersebut bisa meliputi foto, musik, dan aktivitas yang bisa dijadwalkan sebagai pengingat. Entri jurnal ini juga dienkripsi end-to-end untuk menjaga kerahasiaan.


Mode StandBy Saat Isi Daya

Mode StandBy saat isi daya
Mode StandBy saat isi daya (Foto: Apple).

Pengisian daya iPhone kini dilengkapi fitur StandBy. StandBy ini merupakan mode baru untuk pengisian daya yang mengubah layar jadi tampilan status dengan tanggal dan waktu.

StandBy juga bisa menampilkan informasi dari Live Activities, widget, dan smart stack yang secara otomatis menyala saat ponsel dalam mode lanskap saat isi daya.

Pengguna bisa swipe kanan untuk melihat beberapa foto yang disorot, dilengkapi dengan tampilan jam yang bisa disesuaikan. Siri akan menampilkan hasil visual dalam StandBy dan tampilannya akan berubah jadi nada merah di malam hari agar tidak mengganggu tidur.

Kapan iOS 17 Tersedia?

iOS 17 akan segera tersedia bagi para pengembang. Pengguna public beta akan kebagian iOS 17 pada Juli mendatang.

Sementara, perilisannya untuk pengguna iPhone publik diperkirakan bulan September mendatang, bersamaan dengan perilisan iPhone baru.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya