Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Warganet Bercanda: Jangan Kasih Tahu Ganjar dan Koster

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, warganet pun menanggapi hal ini dengan beragam komentar, termasuk komentar menyindir Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster yang sebelumnya menolak Israel di Piala Dunia U-23.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Jun 2023, 12:13 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2023, 12:13 WIB
Piala Dunia U-17 2023
Trofi Piala Dunia U-17 (AFP/Miguel SCHINCARIOL)

 

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023. Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023).

Menurut jadwal, turnamen sepak bola tersebut akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Penetapan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023 ini disyukuri oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dalam keterangan pers di laman PSSI, Erick Thohir menyebut, dirinya bersyukur karena FIFA Council mengambil keputusan bersama menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," kata Erick.

Lebih lanjut, dia juga berkata, dirinya sebagai Ketua Umum PSSI belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi.

"Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agarf menjadi tuan rumah yang baik,” kata Erick menambahkan.

Di situs resmi FIFA, tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepak bola usia muda Piala Dunia U-17.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Warganet: Sst Jangan Kasih Tahu Ganjar dan Koster

Piala Dunia U-17
Ilustrasi trofi Piala Dunia U-17. (Dok. FIFA)

Kabar soal penetapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 ini mendapatkan berbagai respon dari warganet Tanah Air. Hal ini mengingat Indonesia dibatalkan sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-23 beberapa waktu lalu.

Tanggapan pun beragam, ada yang mempertanyakan persiapan yang mepet, jadwal pertandingan yang bentrok dengan jadwal konser Coldplay, sampai ke warganet yang menyindir dua kepala daerah di Indonesia yang sempat menolak Piala Dunia U-23, yakni Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster.

Misalnya diungkapkan oleh pengguna Twitter dengan akun @ang*** yang menyebut, "Please jangan kasih tahu Ganjar sama Koster please."

"Jangan kasih tahu Ganjar dan Koster, mereka rese," kata @ago***.

"In case lagi-lagi roller coaster dan si ubanan tukang jogging nolak negara lagi, aku udah gak kaget. Kan tahun pemilu," kata @koo***.

"Jangan dikasih tahu yang kemarin kemarin ya," kata @Ans***.

"Min, Gub Jateng ama Gub Bali jangan dikasih tahu ya, juga partainya, ntar bikin masalah lagi," kata @jpb***.


Warganet Bertanya-tanya Israel Lolos Tidak?

Piala Dunia U-17 2023
Trofi Piala Dunia U-17 2023. (AFP/MARWAN NAAMANI)

Ada pula warganet yang bertanya-tanya apakah Israel turut lolos dalam ajang Piala Dunia U-17 karena takut akan kembali ditolak oleh berbagai pihak.

"Israel lolos gak nih, ntar ditolak lagi," kata @Swd***.

"Israel diajak kagak kiiii," kata Red***.

"Israel lolos kualifikasi U-17 gak? Ganjar dan Koster tahu gak ya tentang berita ini?" kata @ABT***.

Israel Tak Lolos Kualifikasi

Sementara itu, mengutip Bola.com, sudah ada 19 tim yang berhasil mengamankan tiket lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023. Dari enam konfederasi anggota FIFA, hanya Asia (AFC) yang belum memiliki wakilnya.

AFC bakal diwakilkan empat tim yang berasal dari semifinalis Piala Asia U-17 2023. Saat ini, Piala Asia U-17 2023 baru memasuki babak perempat final.

Ada delapan negara yang berebut empat tiket tersisa menuju semifinal sekaligus mengamankan tiket Piala Dunia U-17, yaitu Thailand, Korea Selatan, Arab Saudi, Uzbekistan, Iran, Yaman, Jepang, dan Australia.

Lantas, apakah Timnas Israel bakal tampil di Piala Dunia U-17 tahun ini? Israel dipastikan absen pada turnamen tersebut, karena gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

 


Pertanyakan Persiapan yang Mepet

Piala Dunia U-17
Brasil menjadi negara terakhir yang memenangkan Piala Dunia U-17 pada 2019 lalu. Event dua tahunan ini sempat vakum pada 2021 karena pandemi Covid 19 (AFP_

Warganet lainnya ikut bersuka cita dengan penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Alhamdulillah akhirnya ada hiburan dan olahraga serta bisa melihat talenta anak bangsa yang akan mengharumkan nama bangsa dan negara," kata @dik***.

Ada pula warganet yang mempertanyakan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, mengingat waktu persiapan yang sangat sempit.

"Persiapan timnya gimana min? Waktu mepet banget," kata @Ari***.

"Yang harus disoroti adalah gimana persiapan Timnas U-17 Indonesianya? Gak gampang membentuk tim dengan waktu yang singkat, di Piala Asia aja Indonesia gak lolos jangan sampai di Piala Dunia Timnas U17 Indonesia jadi lumbung gol dan hanya jadi tim pelengkap saja," kata @iyo***.

"Apa gak mepet persiapannya? Atau emang gini rules-nya kalo Pildun U-17," kata @ach***.

 

Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jalan Panjang dan Persiapan Indonesia Gelar Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya