WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Mirip AirDrop, Siap Hadir untuk Pengguna iPhone?

WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur Nearby Share yang memungkinkan pengguna iOS untuk berbagi file secara offline dengan mudah, mirip dengan AirDrop.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 25 Jul 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 10:30 WIB
Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di ponsel Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan menghadirkan fitur baru yang mempermudah pengguna iOS untuk berkirim file. Informasi ini diketahui dari WABetaInfo yang menemukan kalau aplikasi chatting tersebut tengah menguji coba fitur anyar.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Kamis (25/7/2024), fitur baru WhatsApp ini mirip dengan AirDrop milik Apple. Jadi, pengguna dapat berbagi file secara offline.

Disebutkan, fitur bernama Nearby Share ini ditemukan pada update beta terbaru WhatsApp untuk iOS melalui TestFlight. Dengan Nearby Share, pengguna dapat saling berbagi foto, video, dan dokumen dengan orang lain di sekitar secara nirkabel.

Sama seperti fitur WhatsApp lain, keamanan akan menjadi fokus dari fitur baru ini. Karenanya, fitur ini pun dijamin dengan keamanan enkripsi end-to-end.

Fitur ini sebenarnya sudah dulu diuji coba di Android. Namun dari temuan WABetaInfo, cara kerjanya di iOS akan sedikit berbeda dibandingkan versi Android.

Pada versi Android, WhatsApp dapat secara otomatis mendeteksi perangkat lain yang berada di dekatnya. Sementara di iPhone, pengguna perlu memindai kode QR untuk memulai proses berbagi file.

Meski cara kerjanya sedikit berbeda, fitur ini diprediksi dapat digunakan untuk transfer file antar perangkat iOS dan Android. Untuk itu, kemampuan ini akan memudahkan pengguna dengan sistem operasi berbeda saling bertukar file.

Saat ini, Nearby Share memang sudah ditemukan di aplikasi WhatsApp versi beta terbaru, tapi memang pengujiannya masih tahap internal. Hingga sekarang, belum ada informasi detail mengenai jadwal fitur ini akan hadir untuk seluruh pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


WhatsApp Kini Bisa Atur Kontak Favorit, Permudah Akses ke Orang Penting

WhatsApp
WhatsApp menggumumkan kehadiran fitur baru untuk memudahkan pengguna memilih kontak favorit mereka. (Dok: WhatsApp)

Sebelumnya, WhatsApp resmi mengumumkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, aplikasi chatting milik Meta tersebut menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna memilih kontak favorit mereka di WhatsApp.

Lewat fitur ini, pengguna WhatsApp makin dimudahkan untuk menemukan orang dan grup terpenting secara cepat. Sebab, mereka akan ditampilkan di bagian atas tab panggilan, termasuk menjadi filter untuk chat pengguna.

"Mulai hari ini, Anda dapat dengan cepat menemukan orang dan grup yang penting bagi Anda di bagian atas tab panggilan dan sebagai filter untuk chat Anda," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (17/7/2024).

Dengan fitur WhatsApp ini, baik chat grup keluarga atau teman dekat akan tetap sama di seluruh chat maupun panggilan. Jadi, pengguna dapat langsung melakukan panggilan cepat dari tab panggilan.


Cara Tambahkan Kontak Favorit di WhatsApp

Aplikasi Whastapp Web dan Selular Sempat Down
Warga mencoba mengakses aplikasi Whatsapp di Jakarta, Selasa (25/10). Platform pesan instan WhatsApp dilaporkan error, Selasa (25/10/2022) siang. Tak hanya di Indonesia, WhatsApp juga dilaporkan down di sejumlah negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk menambahkan kontak favorit di aplikasi WhatsApp, simak langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

  • Dari layar chat, pilih filter favorit
  • Kemudian, pilih kontak atau grup penggguna di sana
  • Sementara dari tab panggilan, klik Tambahkan Favorit, lalu pilih kontak atau grup pengguna
  • Opsi lain, pengguna bisa melakukannya melalui Pengaturan.
  • Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan di aplikasi WhatsApp > Favorit > Tambahkan ke Favorit, dan pengguna dapat mengatur urutannya kapan saja.

"Kami akan meluncurkannya hari ini, dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang," tulis WhatsApp menjelaskan soal kehadiran fitur ini.


WhatsApp Tambah Fitur Keamanan Baru untuk Grup, Pengguna Kini Bisa Cek Lebih Dulu

WhatsApp
WhatsApp umumkan pengguna kini bisa mengetahui informasi tentang grup chat sebelum memutuskan bergabung di dalamnya. (Dok: WhatsApp)

Tidak hanya itu, WhatsApp juga mengumumkan kehadiran fitur baru untuk para penggunanya. Fitur ini dihadirkan untuk membantu pengguna tetap aman ketika berkirim pesan grup.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (10/7/2024), jika pengguna WhatsApp ditambahkan ke oleh orang tidak dikenal, pengguna akan bisa melihat konteks yang memberikan lebih banyak informasi soal grup tersebut.

Beberapa informasi yang ditampilkan adalah siapa yang menambahkan pengguna ke grup tersebut, kapan grup itu dibuat, termasuk siap yang membuatnya. Dengan informasi itu, pengguna dapat memutuskan untuk tetap tinggal atau keluar dari grup.

"Ini akan sangat membantu, terutama jika Anda baru saja bertemu seseorang atau sekelompok orang, dan belum menyimpan nomor kontaknya di ponsel Anda," tulis WhatsApp dalam pernyataanya.

Melalui update ini, pengguna bisa memastikan apakah grup tersebut dikenal atau ingin berpartisipasi di dalamnya.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya