Pengguna Android Bisa Update Tiga Aplikasi Sekaligus di Google Play Store

Google Play Store akhirnya memperbaiki salah satu keluhan terbesar pengguna selama bertahun-tahun, yakni ketidakmampuan untuk meng-update banyak aplikasi sekaligus. Terbaru, Google Play Store mengizinkan pengguna bisa update tiga aplikasi sekaligus.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 02 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 14:00 WIB
Google Play Store di Smartphone Android
Google Play Store di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidaya

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira buat kamu pengguna Android! Sebelumnya, Play store cuma bisa update aplikasi satu per satu dan hal ini membuat pengguna yang punya banyak aplikasi di smartphone-nya jadi ribet saat harus meng-update aplikasi. 

Namun kini, Google sudah mengizinkan pengguna mereka untuk install dan update beberapa aplikasi sekaligus di Play store. Google menggulirkan kemampuan ini sejak April lalu, demikian dikutip dari Android Police, Senin (2/9/2024).

Mungkin terlihat tidak terlalu penting, tapi kalau kamu lagi setup ponsel baru atau download banyak aplikasi besar yang saling berhubungan, fitur ini bakal membantu.

Meski begitu, kebanyakan pengguna Android mungkin lebih sering update aplikasi yang sudah ada ketimbang menginstal aplikasi baru.

Nah, sekarang Google Play Store mulai menggulirkan fitur download paralel untuk update aplikasi. Ini artinya, kamu bisa update tiga aplikasi sekaligus. Apple Store sudah memungkinkan pengguna untuk mengupdate tiga aplikasi sekaligus sejak beberapa waktu lalu.

Tak hanya untuk meng-update, fitur ini juga berlaku untuk meng-install aplikasi baru, namun hanya bisa install bersamaan dua aplikasi dalam sekali waktu.

Saat ini, fitur baru ini sedang digulirkan, jadi mungkin sebentar lagi pengguna bakal merasakan manfaatnya di perangkat kamu. 

Sayangnya, belum jelas kapan fitur update beberapa aplikasi sekaligus ini akan dinikmati semua pengguna Android. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google Play Store Uji Coba Fitur Pengingat untuk Aplikasi yang Terlupakan

Google Play Store
Google Play Store. (Istimewa)

Sebelumnya, Google telah melakukan uji coba fitur baru di Play Store. Disebutkan, fitur baru ini dapat mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi yang telah diunduh tetapi tidak pernah dibuka.

Fitur ini diharapkan akan berguna bagi pengguna HP Android yang cenderung mengunduh aplikasi, tetapi tidak pernah menggunakannya.

Menurut pengamatan Google, banyak pengguna ponsel Android yang kerap lupa memakai aplikasi yang baru saja diunduh.

Melihat fenomena ini, Google pun memiliki inisiatif untuk mengatasi hal tersebut. Caranya, dengan memberikan fitur baru di Play Store yang mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi yang jarang dipakai.

Google menyebut fitur ini dengan nama Open app reminder, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (7/6/2024). Informasi ini ditemukan pada kode aplikasi Google Play Store versi v41.2.21.

 


Open App Reminder

Google Play Store
Google Play Store. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Dijelaskan, fitur ini akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna jika mereka belum membuka aplikasi yang baru diunduh dalam waktu 24 jam setelah diinstal.

Jika pengguna mengabaikan pengingat pertama, sistem Google Play Store akan mengirim pengingat kedua. Namun, setelah mengirimkan dua kali pengingat, tidak ada pemberitahuan lebih lanjut yang akan dikirimkan.

Perlu diperhatikan, fitur ini masih dalam pengujian dan mungkin belum tersedia untuk semua pengguna HP Android.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya