Top 3 Tekno: Kacamata Meta Orion hingga WhatsApp Tambah Fitur AR

Kacamata pintar buatan Meta bernama Orion dengan paduan teknologi AR (Augmented Reality) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), menjadi sorotan.

oleh Iskandar diperbarui 30 Sep 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 11:30 WIB
Kacamata Meta Orion
Kacamata Augmented Reality (AR) Meta Orion

Liputan6.com, Jakarta - Kacamata pintar buatan Meta bernama Orion dengan paduan teknologi AR (Augmented Reality) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (29/9/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga popular datang dari WhatsApp yang sedang uji coba filter AR dan efek panggilan di perangkat iOS.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Meta Ungkap Kacamata Pintar Orion: Tawarkan Pengalaman AR dengan Dukungan AI

Meta mengungkap kehadiran kacamata AR (Augmented Reality) besutan mereka. Kacamata ini disebut sudah dikembangkan sejak lima tahun lalu.

Dikutip dari situs resminya, Minggu (29/9/2024), Meta memperkenalkan nama kacamata AR ini dengan ini nama Orion.

Meta Orion disebut mampu menghubungkan dunia fisik dan virtual, sehingga membuat penggunanya lebih hadir, terhubung, dan merasa lebih berdaya.

Menurut Meta, ada tiga alasan utama kenapa kacamata AR bakal jadi kunci lompatan besar berikutnya dalam teknologi komputasi yang berfokus pada manusia:

  1. Layar Besar Tanpa Batas: Tidak seperti layar smartphone yang terbatas, dengan Orion, kamu bisa menaruh konten digital 2D atau 3D di mana saja di dunia nyata.
  2. AI Kontekstual yang Pintar: Kacamata ini dilengkapi AI yang bisa mengerti lingkungan sekitar dan proaktif memenuhi kebutuhanmu.
  3. Ringan dan Nyaman Dipakai: Cocok dipakai di dalam maupun luar ruangan, sambil tetap bisa lihat ekspresi dan wajah orang lain di sekitarmu.

"Industri ini terus berusaha menghadirkan produk yang nyaman dipakai sehari-hari, dengan layar besar, input cepat, dan AI yang canggih – dan Orion adalah jawabannya," tulis Meta dalam situsnya. 

Baca selengkapnya di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. WhatsApp Tambah Fitur AR, Saingi Instagram dengan Filter dan Efek Lucu Kekinian

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Meskipun konten AI kian bikin kita skeptis, tapi keseruan mempercantik interaksi pribadi dengan efek digital tetap jadi daya tarik.

WhatsApp paham soal ini, dan sekarang mereka sedang uji coba filter AR dan efek panggilan di iOS sejak akhir Agustus, setelah lebih dulu meluncurkannya di Android sebulan sebelumnya.

Dikutip dari Android Police, Minggu (29/9/2024), update beta terbaru menunjukkan WhatsApp mulai mengintegrasikan fitur AR ini langsung ke kamera.

Dalam update terbaru WhatsApp beta untuk Android (versi 2.24.20.20) di Play Store, ada fitur baru yang memungkinkan kamu menambahkan filter dan efek langsung dari kamera.

Seperti dilaporkan WABetaInfo, ada tombol filter baru di antarmuka kamera, jadi kamu bisa mempercantik foto dan video hanya dengan satu sentuhan.

Sebelumnya, efek AR ini cuma ada di panggilan video, tapi sekarang WhatsApp memperluas fitur ini ke foto dan video. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak opsi kreatif buat mempercantik hasil jepretan atau rekamanmu.

Baca selengkapnya di sini 


3. Pelanggan Indosat bisa Beli eSIM IM3 di Aplikasi MyBCA, Simak Cara dan Harganya

Ilustrasi: IM3
Konsep Gerai Baru IM3 yang hadirkan pengalaman lebih nyaman untuk pelanggan. Foto: Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan eSIM alias Embedded SIM. Layanan tersebut kini tersedia melalui aplikasi perbankan myBCA.

Sekadar informasi, eSIM merupakan layanan SIM tanpa membutuhkan kartu di smartphone. Dengan begitu, pengguna tak perlu mendapatkan kartu SIM fisik untuk dimasukkan ke slot SIM card smartphone mereka.

Kemitraan dengan BCA ini merupakan upaya Indosat agar pelanggan mereka bisa lebih mudah mengaktifkan eSIM via aplikasi perbankan yang banyak dipakai masyarakat.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, menyebutkan, "Dukungan teknologi dan digitalisasi menjadi prioritas kami dalam mempermudah akses komunikasi pelanggan, seperti layanan eSIM IM3 yang memberikan pengalaman internetan tanpa hambatan."

Ia menyebutkan, kolaborasi dengan BCA diharapkan bisa menjangkau lebih banyak nasabah perbankan di berbagai wilayah untuk menggunakan IM3.

"Kami optimistis kolaborasi ini bisa dinikmati oleh lebih banyak pelanggan dan bisa turut mewujudkan tujuan besar Indosat untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi digital," kata Ritesh.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19
Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya