Apakah Apple Intelligence Akan Bikin Storage iPhone Penuh?

Apple Intelligence sudah diumumkan dalam ajang WWDC 2024, namun banyak pengguna penasaran dengan berapa kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk memakai fitur AI ini di iPhone? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

oleh Yuslianson diperbarui 04 Okt 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 13:00 WIB
iPhone 16
iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang sudah didukung dengan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Apple Intelligence nejadi salah satu inovasi paling dinanti kehadirannya oleh pengguna iPhone, Mac, dan iPad di seluh dunia.

Sebelum terburu-buru membeli perangkat iPhone teranyar, seperti iPhone 16 series ada baiknya untuk mempertimbangkan kapasitas penyimpanan ponsel.

Kenapa? Berdasarkan informasi di laman resmi Apple, fitur ini ternyata membutuhkan kapasitas penyimpanan minimal 4GB.

Meskipun angka ini tidak besar bagi pengguna dengan kapasitas 128Gb atau lebih sekarang, perlu diingat seiring dengan berkembangnya fitur Apple Intelligence, kebutuhan penyimpanan bisa meningkat.

Pengguna iPhone Harus Khawatir?

Bagi pengguna iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan iPhone 16 series, serta perangkat Mac dengan chipset M1 atau lebih baru, fitur AI ini tersedia sebagai bagian dari peningkatan sistem.

Walaupun 4GB tampak kecil, memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan lebih besar bisa menjadi langkah bijak untuk menghindari masalah ruang penuh di masa depan.

Hal ini semakin penting jika mengingat, fitur Apple Intelligence masih generasi pertama. Seiring perkembangan teknologi ini, fitur-fitur baru dan lebih canggih pasti akan muncul.

Persyaratan untuk iPad dan Mac?

Untuk perangkat iPad dan Mac, hingga saat ini Apple belum merinci secara spesifik berapa besar ruang penyimpanan dibutuhkan untuk Apple Intelligence.

Namun, besar kemungkinan informasi ini akan diperbarui ketika Apple terus mengembangkan fitur AI tersebut.

Jika kamu adalah pengguna setia perangkat Apple, mulai sekarang, sebaiknya selalu memilih perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Apple Intelligence, meskipun saat ini hanya membutuhkan 4GB, bisa menjadi fitur lebih "lapar" ruang di masa depan.


Siri Makin Pintar dengan Apple Intelligence, Tapi...

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Lebih lanjut, fitur paling dinantikan adalah perubahan besar-besaran pada Siri yang dipamerkan pada ajang WWDC 2024. Pembaruan ini akan membuat asisten virtual ini lebih intuitif dengan kemampuan memahami konteks dan bahasa pengguna lebih baik.

Menurut laporan Mark Gurman di Bloomberg, Rabu (25/9/2024),  versi baru Siri akan hadir melalui update iOS 18.3 dengan desain lebih segar dan fungsionalitas lebih dalam.

“Apple ingin menyelesaikan iOS 18.3 pada akhir tahun ini, menyiapkan panggung untuk rilis pada Januari 2025. Pembaruan iOS 18 terbesar setelah iOS 18.1 adalah iOS 18.4,” katanya.

Dalam iOS 18.4 ini, perusahaan akan menyertakan banyak fitur baru Siri yang dijadwalkan akan meluncur secara global pada bulan Maret 2025.

Selain desain baru, Siri juga akan terintegrasi dengan ChatGPT, memperkuat kemampuannya dalam penghasilan konteks teks dan respons interaktif.

Contohnya, jika seseorang mengirimkan alamat ke chat, pengguna bisa mengatakan “add this address” ke dalam informasi kontak.

Perubahan ini diharapkan akan membuat Siri semakin relevan dalam persaingan teknologi AI yang semakin ketat, memberikan pengguna Apple pengalaman interaksi yang lebih mulus dan alami. 


Apple Rilis iOS 18

Apple merilis update iOS 18 yang menghadirkan berbagai fitur dan kustomisasi baru untuk pengguna iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Apple resmi merilis iOS 18 untuk lebih banyak pengguna. Jika sebelumnya iOS 18 baru dirilis dalam versi Beta, hari ini, Apple menggulirkan sistem operasi terbarunya itu untuk seluruh pengguna iPhone yang perangkatnya dinilai layak mendapatkan update tersebut. 

iOS 18 menghadirkan cara baru untuk mempersonalisasi iPhone mereka dengan kustomisasi yang lebih dalam ke Home Screen dan Control Center.

Tidak hanya itu, buat iPhone-iPhone yang masih kebagian update iOS 18, aplikasi Photos di perangkat mereka juga mengalami perombakan. Jadi, mencari foto atau kustomisasi kian mudah. 

Apple juga hadirkan peningkatan besar untuk Message dan Mail. Bukan hanya itu, ke depannya update iOS 18.1 akan memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan buatan yang menggabungkan AI generatif dan konteks pribadi. 

Dengan begitu, perangkat akan makin relevan bagi pengguna sekaligus melindungi privasi dan keamanan pengguna.


Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 18

<p>Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 18, iPhone Kamu Masih Termasuk? (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Daftar iPhone yang Mendapatkan iOS 18:

  • iPhone XR
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone 11 dan iPhone 11 Plus
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 dan 12 mini
  • iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 dan 13 mini
  • iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max
  • iPhone 14 dan 14 Plus
  • iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
  • iPhone 15 dan 15 Plus
  • iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max
  • iPhone SE (2nd gen)
  • iPhone SE (3rd gen)

Namun, beberapa fitur canggih iOS 18, seperti Apple Intelligence belum tersedia untuk semua pengguna dan model iPhone. Fitur ini memerlukan chipset A17 Pro dan M1 atau yang lebih tinggi agar dapat bekerja dengan optimal.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu mengatakan, model iPhone di bawah iPhone 15 Pro dan Pro Max tidak akan bisa mencicipi fitur Apple Intelligence. Bagaimana dengan iPhone kamu, apakah masih masuk dalam daftar? 

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya