WhatsApp Gulirkan Fitur Mention dan Like di Status WhatsApp

WhatsApp menghadirkan fitur mention dan like di Status WhatsApp. Fitur ini telah digulirkan mulai hari ini untuk seluruh pengguna WhatsApp global.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 04 Okt 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 19:00 WIB
Aplikasi Whastapp Web dan Selular Sempat Down
Warga mencoba mengakses aplikasi Whatsapp di Jakarta, Selasa (25/10). Platform pesan instan WhatsApp dilaporkan error, Selasa (25/10/2022) siang. Tak hanya di Indonesia, WhatsApp juga dilaporkan down di sejumlah negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk me-mention dan memberikan like atau tanda suka pada WhatsApp Status.

"Status WhatsApp merupakan cara terbaik untuk tetap terhubung dengan teman serta keluarga. Sekarang, kami menjadikannya lebih baik. Dengan fitur suka status, penyebutan privat, dan kemampuan untuk membagikan ulang status yang menyebut Anda, kami memudahkan Anda menjangkau orang-orang yang paling berarti," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Mengutip keterangan WhatsApp, Jumat (4/10/2024), berikut adalah update baru di Status WhatsApp:

  • Penyebutan Status: Sekarang pengguna dapat menyebut hingga lima teman sekaligus, tanpa membiarkan orang lain tahu jika ada yang kamu tag. Teman yang disebut juga dapat membagikan ulang Status kamu.
  • Menyukai Status: Selain itu, kami juga meluncurkan fitur “suka”. Sekarang pengguna bisa memberikan tanda “suka” di Status teman dengan sekali ketukan.

Sekadar informasi, fitur ini sudah mulai diluncurkan hari ini, Jumat 4 Oktober 2024 dan akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp Status secara global.


Fitur Baru WhatsApp yang Lainnya

WhatsApp merilis fitur baru untuk mendukung filter dan latar belakang di video call
WhatsApp merilis fitur baru untuk mendukung filter dan latar belakang di video call (Foto: WhatsApp)

Sebelumnya, untuk membuat percakapan tambah asyik, terbaru WhatsApp hadirkan fitur baru WhatsApp yakni filter dan latar belakang agar panggilan telepon video (video call) menjadi lebih interaktif.

Mengutip keterangan resmi WhatsApp, Kamis (3/10/2024) dengan efek baru ini, pengguna bisa mengubah latar belakang atau menambahkan filter saat sedang melakukan video call. Kehadiran filter background ini bisa membuat panggilan video lebih bersifat personal.

Filter dirancang untuk membantu pengguna menciptakan suasana yang lebih asyik. Mulai dengan menambahkan percikan warna atau membuat video jadi lebih artistik.

Sementara, dengan background atau latar belakang, privasi ruang sekitar ketika video call WhatsApp bisa tetap terjaga sekaligus membuat pengguna tampak sedang ada di tempat lain. Misalnya kedai kopi estetik atau ruang tamu nyaman, sehingga tampilan bisa lebih bersih dan rapi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp menghadirkan 10 filter dan 10 background yang bisa dipilih dan dipadupadankan untuk membuat tampilan yang unik ketika sedang video call.


10 Pilihan Filter dan Background WhatsApp

Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di ponsel Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Pilihan filter yang tersedia meliputi Hangat, Sejuk, Hitam & Putih, Pandaran Cahaya, Temaram, Cahaya Prisma, Mata Ikan, TV Bergaya Vintage, Kaca Buran, dan Nada Warna Duo.

Opsi background yang ada meliputi Buram, Ruang Tamu, Kantor, Kafe, Kerikil, Pencinta Kuliner, Smoosh, Pantai, Matahari Terbenam, Perayaan, dan Hutan.

"Kami juga menambahkan opsi Sentuhan edit dan Cahaya redup yang bisa membantu pengguna merasa lebih percaya diri dan nyaman," kata pihak WhatsApp.


Cara Menerapkan Filter dan Background

Video call pun akan terlihat lebih nyata dan menyenangkan dengan kustomisasi tampilan dan kecerahan ruang sekitar yang alami.

Lalu bagaimana cara menerapkan filter dan background video call ini? Sekadar informasi, opsi tersebut bisa diakses saat pengguna melakukan panggilan video call pribadi atau grup.

  • Pilih ikon efek di sudut kanan atas layar untuk melihat pilihan filter dan background
  • Pilih yang sesuai dengan suasana hati pengguna.

Meski begitu, efek baru akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya