Asian Games 2018: Lawan India, Tunggal Putra Optimistis Sumbang Poin

Tim putra Indonesia akan menghadapi India di perempat final beregu cabang bulu tangkis Asian Games 2018.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 20 Agu 2018, 12:15 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2018, 12:15 WIB
Langkah Anthony Sinisuka Ginting Terhenti di 16 Besar
Anthony Sinisuka Ginting akan menjadi andalan Indonesia di nomor tunggal putra pada Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Indonesia akan memulai pertandingan beregu cabang bulu tangkis di Asian Games 2018. Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan akan menghadapi India untuk memperebutkan tiket semifinal di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Jika melihat kekuatan tim di atas kertas, Indonesia lebih unggul dari India. Indonesia merupakan unggulan kedua, sedangkan India keenam. Namun tim Indonesia mesti mewaspadai India, khususnya di sektor tunggal.

India memboyong lima pemain tunggalnya ke Asian Games 2018. Mereka adalah Srikanth Kidambi (peringkat kedelapan dunia), Prannoy H.S (11), Sameer Verma (21), Sai Praneeth B. (24), dan Sourabh Verma (55).

Sedangkan Indonesia punya tiga wakil di tunggal putra, yaitu Anthony Sinisuka Ginting (peringkat 12 dunia), Jonatan Christie (13), dan Ihsan Maulana Mustofa (39).

Berdasarkan data head to head terakhir, tunggal India masih lebih unggul dari tunggal Indonesia. Namun, peluang tim tunggal tidaklah tertutup. Apalagi, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah di event yang sangat penting.

"Peluang ketiga tunggal putra tetap ada, pertandingan akan ramai, kansnya 50-50. Kalau dilihat head to head juga ramai," ujar Hendry Saputra, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI, tentang laga melawan India di perempat final Asian Games 2018.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Matang

Jonatan Christie Tumbang di Tangan Pebulutangkis Denmark
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hendry menekankan kepada Anthony, Jonatan, dan Ihsan untuk tampil dengan performa terbaik mereka. "Menghadapi tunggal India, semua sudah harus maksimalkan penampilan dari awal. Mulai dari teknik, mental, tidak boleh lagi coba-coba," ucapnya.

"Di pertandingan ini, siapa yang ulet, dia yang akan menang." "Kami menargetkan paling tidak bisa menyumbang dua poin kemenangan. Kalau satu (kemenangan) itu wajib," pungkas Hendry.


Ganda Putra

Menghadapi India, Indonesia lebih berpeluang untuk memenangkan dua partai ganda putra. Indonesia diperkuat oleh pasangan peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon. Sementara ganda kedua, ada pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, yang kini menduduki peringkat sembilan dunia.

Sedangkan sektor ganda putra India diwakili Satwiksairaj Rankireddy / Chirag Shetty (peringkat 23 dunia) dan Manu Attri / Sumeeth B Reddy (peringkat 28 dunia).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya