Bengkulu Siapkan 448 Ribu Bibit buat Proyek Kebun Karet Rakyat

Provinsi Bengkulu yang masih memiliki ratusan ribu hektar lahan tidur tengah mempersiapkan pengembangan kebun karet rakyat.

oleh Yuliardi Hardjo Putro diperbarui 21 Mar 2014, 17:56 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2014, 17:56 WIB
Kebun Karet
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Bengkulu Provinsi Bengkulu yang masih memiliki ratusan ribu hektar lahan tidur tengah mempersiapkan pengembangan kebun karet rakyat.

Sebanyak 448 ribu bibit karet sudah disiapkan untuk menyukseskan program ini.

"Kita salurkan tahun ini juga melalui kelompok tani se-Provinsi Bengkulu," ujar Kepala Dinas Perkebunan Bengkulu Ricky Gunarwan, Jum'at (21/3/2014).

Bibit karet itu rencananya akan disebar ke 7 kabupaten, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Kaur, Mukomuko dan Bengkulu Selatan.

Pengadaan 300 ribu batang bibit ini didanai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk kebutuhan 26 ribu hektar (ha) lahan. Sisanya 148 ribu didanai APBD guna memenuhi kebutuhan 100 ribu ha.

Pembagian bibit sendiri akan dilakukan melalui kelompok tani masing- masing desa di 7 kabupaten tersebut. Setiap petani akan mendapatkan sebanyak 150 batang dengan lahan maksimal 2 ha.

"Kami melakukan pembibitan sendiri untuk menjamin kualitas. Jika dilakukan perawatan dan pemupukan yang baik, 5 tahun kedepan mereka sudah bisa panen," lanjut Ricky.

Total produksi karet Bengkulu tahun 2013 dari kebun rakyat dan perkebunan swasta lebih dari 600 ribu ton.

Lima tahun ke depan produksi kareta di wilayah ini diprediksi meningkat lebih dari 25% dan akan dilakukan pembagian bibit gratis secara berkala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya