Menkeu Pede Pemerintah Baru Dongrak Pertumbuhan Ekonomi RI

Menteri Keuangan, Chatibs Basri optimistis pemerintahan baru periode mendatang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia capai 6,1%.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 07 Apr 2014, 14:43 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2014, 14:43 WIB
Chatib Basri
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan, Chatib Basri optimistis pemerintahan baru periode mendatang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia ke level 6,1%. Proyeksi ini harus ditopang dengan kebijakan yang tepat dan pembangunan infrastruktur.

"Saya yakin pemerintahan baru bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi 6,1% di 2015," tegas dia dalam Diskusi Menyongsong Peta Baru Kebijakan Ekonomi Indonesia di Jakarta, Senin (7/4/2014).

Lebih jauh Chatib memprediksi, Indonesia akan mengecap pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,7%-5,8% pada kuartal I 2014.

"Sejak tahun lalu, kita sengaja memperlambat pertumbuhan ekonomi dengan pengetatan kebijakan moneter dan fiskal melalui kenaikan suku bunga acuan (BI Rate). Tapi kalau bisa defisit transaksi berjalan di 2,5%-3%, bisa saja kebijakan nggak ketat lagi,"  tutur Chatib.

Dalam kesempatan yang sama, menurut Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa justru memperkirakan pertumbuhan ekonomi di pemerintahan baru sebesar 5,5%.

"Kalau kebijakannya nggak pro dan nggak dilonggarkan sedikit moneternya, paling ekonomi tumbuh 5,5%. Trennya memang diperlambat," kata dia.

Purbaya menilai, perlambatan ekonomi di sebuah negara sah-sah saja. Asal tidak kebablasan dan segera mengantisipasinya.

"Ekonomi melambat sih nggak apa, asal jangan kebablasan. Kami kan nggak tahu batasnya karena untuk balik lagi susah, seperti di 1998-1999 nggak balik makanya hancur ekonominya," tukas Purbaya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya