Ini Spesifikasi Kapal Elpiji Terbesar di Dunia Milik Pertamina

Kapal Pertamina Gas 2 dilengkapi dengan kemudi otomatis dan black Box.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 23 Apr 2014, 18:42 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2014, 18:42 WIB
Pertamina Gas 2
(Foto: Pebrianto Eko/Liputan6.com)

Liputan6.com, Uslan - PT Pertamina (Persero) telah memiliki dua kapal pengangkut bahan baku elpiji terbesar di dunia dengan kapasitas angkut 84 meter kubik, bagaimana spesifikasi kapal terbesar di dunia tersebut?

Menurut data Pertamina, kapal yang dibangun di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, Korea Selatan, ini memiliki panjang atau Length Over All (LOA) tercatat 226 meter dan kedalaman (depth) mencapai 22,30 meter.

Lebar (Breadth) kapal yang dibangun selama dua tahun ini mencapai 36,60 meter dengan draught 11,40 meter.

Kapal yang rencananya akan berangkat ke Indonesia pada 14 Mei 2014 ini bermesin Hyundai–B&W 6S60MC-C8.2, 13,800 KW x 105 Rpm dan memiliki kecepatan 16.75 Knots.

Owner Representative SSPC (PCI) Pertamina's Newbuilding Projects LPG Tangker Projects I Gusti Ngurah H. mengatakan kapal ini bisa mengangkut bahan baku elpiji yaitu propan dan butan secara terpisah.

Di kapal ini, bahan baku tersebut juga bisa disatukan dan disalurkan ke kapal-kapal tanker yang lebih kecil. "Ini tergantung dari kondisinya jadi kalau mau diolah di atas kapal bisa, ini masih dipisah propan dan butan," jelasnya.

Kosim, Kapten Kapal Pertamina Gas 2, mengatakan kapal ini sudah dilengkapi dengan perangkat canggih. Kapal ini memiliki kemudi otomatis (autopilot) seperti yang digunakan oleh pesawat dan masih jarang digunakan kapal lain. "Navigasi terintegrated, bisa autopilot. Kita swich jalan sendiri, jarang bisa seperti itu," tutur Kosim.

Kapal ini juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan Black Box perekam keadaan kapal selama 12 jam. "Kalau di pesawat black box kalau di kapal data recording 12 jam ke belakang ter-record semua data," pungkasnya.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya