Jero Wacik Ajak Pemda Kembangkan Geopark

"Mengembangkan geopark itu berarti memuliakan bumi dan mensejahterakan rakyat," ujar Menteri ESDM, Jero Wacik.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 14 Mei 2014, 15:03 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2014, 15:03 WIB
Pikat Pemilih, Jero Wacik Luncurkan Buku
Jero Wacik Luncurkan Buku. (Dewi Divianta)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mendorong pemerintah daerah (pemda) mengembangkan kawasan geopark agar terdaftar di internasional guna mensejahterakan rakyatnya.

Jero mengatakan, dengan adanya geopark dapat menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitarnya. Dengan pengembangan geopark itu dapat mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Mengembangkan geopark itu berarti memuliakan bumi dan mensejahterakan rakyat," kata Jero, saat membuka rapat koordinasi gubernur/bupati dari Kawasan Geopark, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Jero menambahkan, dengan terdaftarnya geopark berstandar internasioal membuat geopark Indonesia dilirik wisatawan. Hal ini akan menimbulkan devisa. Namun hal itu membutuhkan peran pemerintah daerah agar geopark tersebut bisa diakui dunia.

"Pendaftaran kita di internasional diperkuat, juga pemda dijadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata, dipotret saja bisa jadi visa, orang datang warung macam macam, perkembangannya ini semua jadi objek wisata," tutur Jero.

Saat ini baru ada satu geopark yang diakui organisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO), yaitu geopark Batur di Bali.

"Satu geopark sudah diakui Unesco, kita punya enam, Batur, Merangin, Gunung Sewu Pacitan, Rinjani, Toba dan Raja Ampat,"pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya